Bakal Ada Varian Baru, Begini Penjualan Fortuner di RI Tahun Ini

Toyota Fortuner dalam balutan kamuflase yang diduga varian GR Sport-dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Sebuah berita menarik tentang SUV ladder frame Toyota Fortuner mulai gemerincing terdengar di Thailand, sebuah negeri pusat produksi berbagai merek mobil dunia. Isinya menyebut, bakal ada varian anyar Fortuner yang menggunakan label yang lagi ngetren di jajaran produk Toyota, yakni Gazoo Racing (GR) Sport.

Seperti dilaporkan laman Auto Siam dan Autoindustriya, belum lama ini, calon varian anyar itu – beberapa waktu lalu – kedapatan tengah mondar-mandir meniti jalanan di Thailand. Dia tengah menjalani tes jalan.

Meski tertutup rapat kamuflase yang lekat alias sticker, namun sejumlah lekukan bodi dan aksesoris bodykit cukup terlihat jelas. Dan itu mengarah pada ciri-ciri GR Sport.

Sontak rumor pun berkembang. Salah satunya menyebut, varian anyar itu bakal digelontorkan di Thailand di kuartal keempat tahun ini, dan kemungkinan besar juga digerojokan ke negara-negara lain, khususnya di Asia Tenggara.

Toyota New Fortuner – dok.Istimewa

Artinya, sangat mungkin varian itu juga melenggang di pasar Indonesia. Meski, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengaku belum bisa memberi komentar apapun.

“Untuk produk baru, maaf saya enggak bisa komentar,” ujar dia saat dihubungi di Jakarta, Jumat (30/7/2021).

Penjualan saat ini
Sebagai salah satu pemain utama di ceruk pasar SUV ladder frame di Tanah Air, Toyota Fortuner memainkan peran yang signifikan dalam penjualan. Termasuk di rentang Januari – Juni tahun ini.

Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menunjukkan, sepanjang enam bulan pertama itu penjualan ritel Fortuner, baik yang berpenggerak 4×2 maupun 4×4 naik.

Interior bagian depan, khususnya pusat kendali Toyota New Fortuner – dok.Istimewa

Total penjualan tipe 4×2 mencapai 7.608 unit. Jumlah itu dikoleksi dari penjualan selama Januari 976 unit, Februari 1.540 unit, dan Maret 1.084 unit. Lalu pada April 1.320 unit, Mei 689 unit, dan Juni 1.999 unit.

Sementara penjualan ritel tipe 4×4 pada periode yang sama mencapai 318 unit. Jumlah itu dikoleksi pada bulan Januari sebanyak 51 unit, Februari 64 unit, Maret, April, Mei 39 unit, dan Juni 42 unit.

Jumlah penjualan ritel keduanya naik signifikan jika dibanding penjualan ritel dibanding enam bulan pertama 2020. Kala itu, penjualan ritel tipe 4×2 sebanyak 5.594 unit.

Toyota Fortuner, salah satu dari lima mobil terlaris Toyota di 2020- dok.Istimewa

Total penjualan tipe 4×2 itu diraup pada bulan Januari sebanyak 1.326 unit, Februari 1.554 unit, dan Maret 1.130 unit. Lalu, di bulan April sebanyak 400 unit, Mei 465 unit, dan Juni 719 unit.

Sedangkan penjualan tipe 4×4 – di enam bulan pertama 2020 itu – sebanyak 211 unit. Jumlah ini dikoleksi pada Januari sebanyak 28 unit, Februari 72 unit, Maret 45 unit, April 31 unit, mei 12 unit, dan Juni 23 unit. (Ril/Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This