Versi Lawas Banyak Dicuri, Land Cruiser Anyar Berpengaman Sidik Jari

Toyota New Land Cruise-varian-GR-Sport-dok.Istimewa

Nagoya, Motoris – Toyota Motor Corporation (Toyota), Senin (2/8/2021) resmi meluncurkan Toyota New Land Cruiser di Jepang, setelah sebelumnya pada 10 Juni lalu diperkenalkan secara global (world premier).

Versi paling gres dari SUV premium ikonik Toyota ini dibanderol mulai 5,1 juta yen (varian standar) hingga 8 juta yen (varian GR Sport diesel) atau sekitar Rp Rp 671,31 juta hingga Rp 1,05 miliar (kurs 1 yen = Rp 131, 63).

Seperti dilaporkan Kyodonews, Senin (2/8/2021), harga sebesar itu dinilai sepadan dengan pembaruan yang disuguhkan Toyota. Mulai dari desain, platform, teknologi, hingga fitur keamanan dan kenyamanan.

Salah satu fitur itu adalah fitur pengaman dari tindak pencurian. Wujudnya (untuk model yang dijual di pasar domestik Jepang) berupa pemindai otentifikasi sidik jari bagi pengguna mobil.

“Toyota telah memasang sistem identifikasi sidik jari untuk pertama kalinya untuk setiap kendaraannya sebagai bagian dari tindakannya untuk mencegah pencurian mobil. Sebab, Land Cruiser model sebelumnya banyak menjadi sasaran pencuri, karena harga mobil bekas model ini yang tinggi,” tulis Kyodonews.

Teknologi sasis diperbarui seiring dengan penggunakan platform TNGA-dok.Istimewa

Sistem otentikasi sidik jari – yang berupa pemindai – itu akan mendeteksi siapa orang yang akan mengoperasikan mobil. Sistem ini bekerja saat pengemudi menginjak rem dan menyentuh sensor di dekat setir.

Land Cruiser terbaru ini juga memiliki fungsi kontrol otomatis untuk mesin, rem dan suspensi. Sehingga, memungkinkan kendaraan untuk menghindari putaran roda dan kehilangan kecepatan bahkan saat berkendara di pasir atau di salju.

Mesin tidak akan hidup kecuali sidik jari pengemudi cocok dengan yang telah didaftarkan sebelumnya. Walhasil, orang yang tidak berhak – karena tidak didaftarkan sebelumnya – tak akan bisa menggunakan mobil.

Laman resmi Toyota.Global, menyebut Toyota New Land Cruiser ini ditawarkan dalam tipe standar, ZX, GR Sport, dan VX. Tipe-tipe ini dikemas dalam varian bermesin bensin dan mesin diesel.

Mesin diesel Toyota New Land-Cruiser-dok.Istimewa

Varian mesin pertama adalah mesin bensin 3.5 liter V6 twin-turbo dengan semburan tenaga 415 PS. Varian kedua mesin diesel V6 twin-turbo 3,3 liter yang diklaim menyemburkan tenaga hingga 309 PS dengan torsi maksimum 700 Nm.

Mesin Land Cruiser anyar ini disebut telah mendapatkan berbagai pengoptimalan mulai dari ruang bakar piston, port intake, dan injektor.

Sasis berteknologi baru
Toyota mempertahankan struktur rangka yang sama dengan versi-versi sebelumnya (yakni rangka model ladder frame). Namun, pabrikan menggabungkannya dengan platform Global Architecture (GA) – F baru, yang didasarkan pada filosofi platform Toyota Global New Architecture (TNGA).

“Identitas kendaraan juga telah dibentuk kembali dengan menggabungkan teknologi mutakhir dengan teknologi yang terakumulasi selama bertahun-tahun,” bunyi pernyataan Toyota.

Toyota New Land Cruser Tipe ZX bermesin bensin-dok.Istimewa

Dengan memanfaatkan teknologi pengelasan terbaru, sebut Toyota, maka rangka menjadi lebih ringan yakni berkurang 200 kilogram. Namun memiliki tingkat kekakuan 20% lebih kaku ketimbang Seri 200, sehingga menawarkan peningkatan kinerja keselamatan ketika terjadi tabrakan, dan meningkatkan aspek ketenangan, dan kualitas pengendaraan.

Bodinya menggabungkan peningkatan jumlah pelat baja tarik tinggi dengan kap aluminium, atap, dan panel pintu. Sedangkan powetrain telah dipindahkan 70 milimeter (mm) ke belakang dan 28 mm ke bawah.

Dengan demikian, pusat gravitasi yang lebih rendah dan distribusi bobot depan-belakang yang unggul. Bersama dengan posisi mengemudi yang ditingkatkan, Land Cruiser baru memberikan perjalanan yang lebih selaras dengan keinginan pengemudi.

Toyota New Land Cruiser GR Sport di lintasan menanjak-dok.Istimewa

Sejalan dengan platform yang diperbarui, Land Cruiser baru memiliki fitur double-wishbone front-mount yang baru dikembangkan.

Sementara, sistem suspensi belakang rigid-axle trailing-link dengan posisi peredam kejut belakang telah dioptimalkan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dan stabilitas kemudi.

Sistem suspensi Toyota New Land Cruiser GR Sport-dok.Istimewa

Sekadar informasi, menurut data dari asosiasi industri mobil dan kepolisian Jepang, jumlah Land Cruiser yang dicuri sepanjang tahun 2021 lalu mencapai 395 unit. Jumlah tersebut turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 654 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This