Tujuh Dekade, Toyota Land Cruiser Terjual 10,6 Juta Unit

Toyota BJ, generasi pertama Land Cruiser – dok.Istimewa

Tokyo, Motoris – Toyota Motor Corporation (Toyota) resmi meluncurkan Toyota New Land Cruiser pada Senin (2/8/2021) setelah sebelumnya memperkenalkan SUV itu secara global (world premiere) pada 10 Juni lalu.Peluncuran ini sekaligus menandai 70 tahun Land Cruiser.

“Diluncurkan pada Agustus 1951, Land Cruiser awalnya dikenal sebagai Toyota BJ, yakni kendaraan berpenggerak empat roda yang dilengkapi dengan mesin bertenaga,” bunyi pernyataan resmi Toyota yang dirilis di Tokyo, Senin (2/8/2021).

Pabrikan mobil terbesar di Jepang ini mengklaim, dalam 70 tahun sejak diluncurkan pertama kali itu, pabrikan terus melakukan inovasi. Terutama dalam memberikan keselamatan dan keamanan kepada beragam pelanggan dan orang lain di jalanan ketika berlalu-lintas.

Toyota Land Cruiser BJ 42-dok.Archyde

“Di seluruh dunia, Land Cruiser telah mendukung kehidupan, mata pencaharian, dan gaya hidup yang lebih memuaskan. Mobil ini juga menjadi teman setia yang membawa orang ke mana pun dan di mana pun, dan kembali hidup nyaman dan aman,” kata Toyota.

Sekarang, esensi Land Cruiser adalah keandalan, daya tahan, dan kinerja off-roadtelah berkembang lebih lanjut, berdasarkan situasi terkini yang dihadapi dan dialami pelanggan globalnya. Total kumulatif penjualan – sebut Toyota, sejak tahun 1951 hingga Agustus 2021 ini, Land Cruiser telah mencapai 10,6 juta unit.

“Mobil ini disukai oleh pelanggan di 170 negara dan wilayah di seluruh dunia,” sebut Toyota.

Toyota Land Cruiser 2020 – dok.Istimewa via Edmunds

Kini setelah tujuh puluh tahun, Toyota meluncurkan generasi paling anyar alias paling gres dari Land Cruiser , yakni Toyota Land Cruiser 300 Series yang merupakan desain ulang secara total dari Seri 200. Versi lawas itu diluncurkan pada tahun 2007.

Versi anyar ini dibanderol mulai 5,1 juta yen (varian tandar) hingga 8 juta yen (varian GR Sport diesel) atau sekitar Rp Rp 671,31 juta hingga Rp 1,05 miliar (kurs 1 yen = Rp 131, 63). Toyota New Land Cruiser ini ditawarkan dalam tipe standar, ZX, GR Sport, dan VX.

Kedua tipe itu dikemas dalam varian bermesin bensin dan mesin diesel. Varian mesin pertama adalah mesin bensin 3.5 liter V6 twin-turbo dengan semburan tenaga 415 PS.

Toyota Land Cruiser versi terbaru – dok.Youtube

Varian kedua adalah mesin diesel V6 twin-turbo 3.3 liter yang diklaim memiliki berbagai pengoptimalan mulai dari ruang bakar piston, port intake, dan injektor. Jantung mekanis ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 309 PS dengan torsi maksimum 700 Nm. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This