Tujuh Bulan Pertama, Avanza Masih Mobil Terlaris Toyota

Toyota Avanza versi terbaru – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Juli tahun tahun ini penjualan mobil Toyota (termasuk Lexus) ke konsumen (ritel) di Indonesia tercatat mencapai 144.000-an unit lebih. Dari total penjualan riil itu, Toyota Avanza tercatat masih sebagai model terlaris di antara mobil-mobil Toyota yang ada.

“Avanza masih menjadi kontributor retail sales yang terbesar. Di bulan Juli saja totalnya masih 4.500-an unit lebih, dan masih menjadi yang terbanyak,” ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi Motoris di Jakarta, Kamis (5/8/2021).

Sebelumnya data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan ritel yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) menunjukkan, di enam bulan pertama atau dari Januari hingga Juni total penjualan ritel mobil ini sebanyak 25.529 unit. Dengan penjualan sebanyak itu, Avanza mencengkeram pangsa pasar di segmennya hingga 35, 5%.

Toyota Avanza – dok.PT TAM

Dengan tambahan penjualan ritel di bulan Juli, maka total penjualan ritel yang berhasil dikantongi selama enam bulan pertama mencapai 30.030-an unit lebih. Anton mengaku optimis, Avanza masih mendominasi di ceruk pasarnya.

Sementara di antara model Toyota, selama enam bulan pertama atau semester pertama Avanza menyumbang penjualan hingga 21,2% ke total penjualan Toyota Indonesia di periode tersebut. Dia juga masih mengungguli Mitsubishi Xpander yang terjual sebanyak 13.748 unit, Daihatsu Gran Max 6.123 unit, dan Suzuki Ertiga yang sebanyak 5.711 unit.

Toyota Avanza – dok.Istimewa

Avanza juga jauh meninggalkan Daihatsu Xenia yang laku 4.584 unit. Bahkan sangat jauh meninggalkan Honda Mobilio yang terjual 3.321 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This