Kini Ketambahan Varian GR Sport, Begini Penjualan Agya Selama Ini

Toyota Agya GR-dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) yang sejak dua tahun lalu mulai menyuguhkan model bertitel – Gazoo Racing (GR) – yakni mobil sport Toyota GR Supra hingga hingga Toyota Raize GR Sport – hari ini, Senin (9/8/2021) kembali menggelontorkan model dengan titel GR lagi. Bahkan, tak tanggung-tanggung, lima model.

Kelimanya adalah Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan Veloz GR Limited. “Hari ini kami hadirkan empat produk GR Sport dan satu produk GR Limited sekaligus, agar lebih banyak pelanggan yang dapat merasakan sebuah sensasi berkendara yang menyenangkan bersama produk-produk Toyota Gazoo Racing,” kata President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (9/8/2021).

Menariknya, salah satu model yang mendapatkan sentuhan dari Divisi Gazoo Razoo alias divisi pengembangan model berkarakter sport Toyota itu adalah mobil murah ramah lingkungan (LCGC), yakni Toyota Agya. Ada dua varian Toyota Agya yang diberi sentuhan GR Sport tersebut yakni varoian bertransmisi manual dan varian bertransmisi otomatis.

Ilustrasi, Toyota New Agya 1.2 TRD – dok.Motoris

Menurut Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, Toyota Agya berkarakter sport bukanlah sesuatu yang aneh. Pasalnya, mobil itu telah digunakan sebagai tunggangan para pembalap – baik untuk berlaga di kejuaraan balap slalom maupun touring – Toyota Team Indonesia (TTI).

Artinya, kalim Henry, Toyota Agya sudah terbukti memiliki karakter sport. Sehingga kalau saat ini tampilan dengan aura sporty dengan sentuhan Gazoo Racing itu bukanlah sesuatu yang aneh.

“Karena bukti sudah memperlihatkan kepada kita tentang kiprah dan kemampuan mobil ini di arena balap. Dan Toyota memang memiliki komitmen untuk mewujudkan dan menjawab semua kebutuhan para pelanggan di Indonesia dalam bermobilitas yang aman dan yaman, sekaligus menyenangkan,” tutur Henry saat dihubungi Motoris di Jakarta, Senin (9/8/2021).

LCGC Toyota Agya saat dipakai pembalap TTI untuk berlaga di ajang balap – dok.Istimewa

Sekadar informasi Toyota Agya 1.2 G M/T GR Sport dibanderol Rp 154, 545 juta. Sedangkan Toyota Agya 1.2 G A/T GR Sport dihargai Rp 170, 390 juta.

Konsumen usia muda
Terlebih, papar Henry, Agya merupakan mobil pilihan anak muda atau mereka yang berjiwa muda. Sehingga tampilan dan karakter yang beraura sporty sangat disukai.

Sehingga, kehadiran varian Agya GR Sport itu diyakini bakal semakin memantik minat konsumen di Tanah Air. “Apalagi, tren peminat Agya ini terus stabil dan terjaga, meskipun di tengah kondisi pandemi,” ujar dia.

Ilustrasi, mesin Toyota New Agya – dok.Motoris

Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ritel ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang Januari – Juni tahun ini, penjualan ritel Agya tercatat sebanyak 9.363 unit.

Jumlah ini dikoleksi dari penjualan selama Januari sebanyak 1.459 unit, Februari 1.181 unit, Maret 1.672 unit, April 1.834 unit, Mei 1.680 unit, dan Juni 1.537 unit.

Kinerja penjualan ritel di enam bulan pertama tahun ini naik signfikan dibanding periode sama tahun lalu yang totalnya sebanyak 6.462 unit.

Toyota New Agya 1.2 TRD A/T – dok.Motoris

Jumlah tersebut dikantongi dari bulan Januari yang sebanyak 1.507 unit, Februari 1.322 unit, Maret 1.169 unit, April 756 unit, Mei 724 unit, dan Juni 984 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This