Penjualan Toyota Vios Pada Januari – Juli: Moncer di Vietnam, Meroket di RI

Sedan Toyota Vios G di Vietnam-dok.Istimewa

Hanoi, Motoris – Sepanjang Januari hingga Juli kemarin, Toyota Motor di Vietnam menjual mobil ke konsumen (ritel) sebanyak 33.546 unit. Dengan penjualan sebanyak ini, pabrikan asal Jepang itu masih tercatat sebagai merek dengan penjualan terbanyak di Negeri Paman Ho itu.

Data penjualan yang dirilis Toyota Vietnam dan dilansir Vietnam Times dan Vietnam Business Herald, belum lama ini menunjukkan, di tujuh bulan pertama itu sedan Toyota Vios dan SUV Toyota Corolla Cross tercatat sebagai mobil terlaris Toyota. Bahkan Vios masih bercokol di urutan pertama di daftar mobil terlaris di negara itu.

Sepanjang Januari hingga Juli, Toyota Vios terjual ke konsumen sebanyak 10.966 unit. Posisi jawara juga ditempati Vios pada tahun 2020 lalu, setelah mengantongi angka penjualan 30.200 unit lebih.

Ilustrasi sedan Toyota Vios – dok.Istimewa

“Vios masih menjadi “telur emas” bagi Toyota Vietnam. Sebagai sedan entry level, mobil ini mendapatkan tempat di hati konsumen. Dominasi Vios di pasar Vietnam juga telah terjadi di beberapa tahun sebelumnya,” ujar analis industri Vietnam, Nguyen The Son.

Di Indonesia, penjualan ritel Toyota Vios di periode Januari – Juli tahun ini juga meroket, dengan total penjualan mencapai dua kali lipat lebih dibanding kurun waktu yang sama di tahun 2020. Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ritel ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di tujuh bulan pertama tahun ini Toyota Vios laku dibeli konsumen sebanyak 508 unit.

Sedan Toyota Vios facelift – dok.Toyota

Rinciannya, di bulan Januari lalu sebanyak 14 unit, Februari 36 unit, Maret 100 unit, April 147 unit, Mei 108 unit, Juni 16 unit dan Juli 87 unit. Dengan penjualan sebanyak itu, Vios berhasil mencengkeram pangsa pasar di segmennya hingga 90,2%.

Fakta data juga berbicara, di januari – Juli 2020 total penjualan ritel Vios tercatat sebanyak 209 unit. Jumlah itu dikantongi pada Januari sebanyak 23 unit, Februari 36 unit, Maret 31 unit, April 29 unit, Mei 17 unit, Juni 46 unit, dan Juli 27 unit.

Seperti diketahui berdasar Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PMK.010/2021, Toyota Vios merupakan salah satu mobil yang berhak menerima insentif diskon PPnBM 100% sejak Maret hingga Mei 2021.

Tampilan belakang Toyota Vios facelift – dok.Toyota

Kemudian, insentif ini – berdasar Peraturan Menteri Keuangan Nomor 77/PMK.010/2021 – periode pemberlakuannya diperpanjang hingga akhir Agustus nanti, dan sedan ini masih berhak menikmati. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This