Begini Penjualan Toyota GR Supra di RI Selama Januari – Juli

Toyota GR Supra versi terbaru – dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM), Kamis (19/8/2021) resmi meluncurkan Toyota Gazoo Racing (GR) di Indonesia. Peresmian kehadiran divisi khusus Toyota yang menauangi mobil-mobil berperforma tinggi dan berbagai perlengkapan maupun aksesoris penguat tampilan sporty itu menyusul langkah TAM yang sejak dua tahun lalu menggelontorkan mobil dengan embel-embel titel GR di Tanah Air.

Setelah Toyota GR Supra dijual di Indonesia dan mendapat respon positif dari konsumen nasional, TAM menghadirkan GR Yaris dan Toyota Raize GR Sport di akhir April lalu. Kemudian, yang paling anyar di pekan kedua Agustus tahun ini, Toyota Indonesia meluncurkan empat model dengan sentuhan karakter sporty GR.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto yang dihubungi di Jakarta, Kamis (19/8/2021) dengan hadirnya Toyota GR itu Toyota Indonesia ingin menyuguhkan ragam pilihan kendaraan bernuansa sport, baik mobil sport maupun yang berkarakter sporty. Model-model seperti ini dihadirkan karena permintaan masyarakat juga sangat tinggi.

Toyota GR Supra-dok.TAM

Faktanya, mobil berembel-embel GR di Indonesian memang laris manis. Contohnya adalah mobil sport Toyota GR Supra, yang penjualannya ke konsumen (ritel) terus menanjak dari tahun ke tahun.

Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ritel ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di tahun 2019 mobil dengan banderol Rp 2 miliar lebih ini terjual sebanyak 8 unit. Dari jumlah itu 5 unit di antaranya dibukukan tepat di pengujung tahun atau bulan Desember.

Kemudian di tahun 2019, total penjualan ritelnya menanjak menjadi 14 unit. Jumlah itu dikoleksinya pada bulan Januari sebanyak 4 unit, Februari 1 unit, Maret 1 unit, September 1 unit, Oktober 3 unit, November 2 unit, dan Desember 12 unit.

Sedangkan di tahun 2021 ini – di tengah dampak pandemi Covid-19 masih merebak di seantero negeri – penjualan ritel Toyota GR Supra selama tujuh bulan pertama mencapai 7 unit. Angka ini diraup pada Januari sebanyak 2 unit, April 1 unit, Mei 3 unit, dan Juni 1 unit, Juli kosong.

Toyota GR Yaris di Indonesia hanya disediakan 126 unit -dok.Toyota

Tetapi bicara soal keberadaan Toyota GR di Indonesia, yang tak kalah menarik adalah fakta penjualan Toyota GR Yaris. Meski hanya dijatah 126 unit, ternyata jumlah pemesan yang berminat meminang hatchback berperforma dahsyat itu hingga Juli mencapai 650 orang.

“Sehingga, kami harus mengundinya, besok (Jumat, 20 Agustus 2021),” ujar Henry. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This