Tak Cuma di Indonesia, Pemesanan Toyota GR Yaris Juga Menggila di Australia

Produksi Toyota All New GR Yaris – dok.Toyota


Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku kewalahan mendapatkan pesanan mobil hatchback hot Toyota GR Yaris. Betapa tidak, Toyota Motor di Jepang hanya memberi jatah ke Toyota Indonesia sebanyak 126 unit, namun pemesan mobil ini mencapai 650 orang.

“Pemesanan itu kita serahkan ke diler meskipun kita berikan kepastian sejak awal bahwa kuota untuk kita hanya 126 unit. Tetapi, karena pemesan yang jumlahnya jauh lebih banyak dari unit yang disediakan, jadi kita putruskan untuk diundi besok, Jumat (20/8/2021),” tutur Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (19/8/2021) sore.

Menurut Anton, peminat Toyota GR Yaris yang membeludak tak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di Jepang maupun negara-negara lain di luar Jepang.

Tampilan samping Toyota GR Yaris-dok.Toyota

“Karena mobil ini memang unik, dengan karakter sporty yang benar-benar sesuai dengan spesifikasi yang digunakan untuk balapan World Rally Championship meski dengan sejumlah penyesuaian untuk adaptasi keperluan di jalan raya,” ungkap Anton.

Faktanya, di negara lain selain Jepang, yaitu Australia, permintaan mobil ini juga jauh melebihi kuota. Bahkan sejak 30 Juni lalu, Toyota di Australia menyetop keran pemesanan, hingga batas waktu yang belum ditetapkan.

Tampilan belakang Toyota GR Yaris – dok.Toyota

Setelah sejak September 2020 hingga akhir tahun itu berhasil melego 1.000 unit (termasuk versi Rallye) dan telah dikirim ke pelanggan, Toyota di Benua Kanguru itu kembali membuka pemesanan. Tak dinyana, jumlah pemesanan periode kedua ini malah menggila, jumlahnya 2.000 unit lebih termasuk GR Yaris termasuk versi Rallye.

“Karena itu, sejak akhir Juni kami menutup pemesanan,” kata Juru Bicara Toyota Australia seperti dilansir SBS News dan Motoring Australia, belum lama ini.

Interior Toyota GR Yaris – dok.Toyota

Toyota di negara itu mengaku telah mengirim 1.700 unit pesanan sejak September 2020 hingga bulan Juli lalu. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This