Perusahaan Arab Saudi Caplok 30% Saham Produsen Hypercar Pagani

Pagani Huayra, salah satu hypercar incaran sultan.

Modena, Motoris – Perusahaan dana investasi publik Arab Saudi dikabarkan telah setuju membeli 30% saham produsen pembuat hypercar asal Italia, Pagani Automobili SpA. Meski komposisi keuangan belum diungkap ke publik, namun keluarga Pagani dipastikan tetap menguasai saham mayoritas.

Seperti dilaporkan Carscoops, Senin (23/8/2021) perusahaan investasi itu menjadi pemegang saham minoritas (meski dengan porsi 30%). Dia bergabung dengan pemegang saham minoritaslainnya, asal Italia Nicola Volpi dan Emilio Petrone.

Horacio Pagani tetap sebagai Chief Executive dan Chief Design Officer. “Sejak didirikan, Pagani telah menjalin kemitraan dengan pemain terbaik di kelasnya, karena kami percaya bahwa keunggulan hanya dapat dicapai melalui kerja tim,” kata Horacio Pagani dalam sebuah pernyataan.

Dia menegaskan dengan gelonotoran investasi dari perusahaan investasi Arab Saudi itu, maka akan melempangkan jalan untuk mewujudkan strategi ekspansi di pasar produk gaya hidup.

Pagani Huayra

Perusahaan dana investasi publik Arab Saudi merupakan salah satu lembaga pengelolaan investasi terbesar di dunia. Total dana kelolaannya mencapai US$ 15,94 miliar.

Perusahaan itu pernah tercatat sebagai investor (meski porsinya kecil) di Tesla dan kemudian menjadi investor utama di Lucid. Pagani mengatakan kesepakatan itu akan memungkinkannya untuk melanjutkan jalur inovatifnya di industri hypercar.

Selain itu, pabrikan ini akan menjajaki peluang pertumbuhan baru di segmen gaya hidup melalui peluncuran Pagani Arte. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This