Senyum Simpul Mitsubishi dan Suzuki di Indonesia dari Jualan Mobil

JAKARTA, Motoris – Harus bertahan di tengah pandemi membuat seluruh aktivitas ekonomi kesulitan, termasuk di Indonesia. Tapi, senyum simpul terpancar dari Mitsubishi dan Suzuki dari hasil kinerja jualan mobil pada bulan kedelapan tahun ini.

Sepanjang Agustus 2021, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengklaim jualan 8.521 unit, menguasai pangsa pasar 12,2 persen.

Tentu saja, Xpander dan Xpander Cross masih jadi andalan di Indonesia membidik ceruk pasar mobil keluarga atau lebih tepatnya, low multi purpose vehicle (LMPV) dengan sumbangan  5.645 unit (dua model), mencakup 46 persen dari total penjualan MMKSI.

Mitsubishi L300 – dok.Istimewa

Tapi, bicara Mitsubishi tentu saja lebih dikenal di segmen kendaraan komersial, lewat L300 yang sampai saat ini masih laris manis. Mitsubishi L300 dengan desain ortodoks selama puluhan tahun masih terjual 2.876 unit berkontribusi 26 persen. Sementara Pajero Sport, menyumbang 19 persen dari total penjualan.

“Kami terus membuka komunikasi dengan konsumen untuk memperkuat posisi produk kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia, termasuk ragam layanan yang dapat dinikmati secara mudah dan nyaman pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan,” ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI dalam keterangan resminya, Senin (13/9/2021).

Suzuki XL7 resmi meluncur di Indonesia 15 Februari 2020 – dok.Motoris

Sementara itu, PT Suzuki Indomobil Sales juga mengklaim makin jago jualan XL7, bisa dibilang versi rebadge dari Ertiga, periode Agutus 2021. Tapi, SIS agak malu-malu nih soal sharing data penjualan.

“Agustus lalu terjadi peningkatan pembiayaan mobil Suzuki yang cukup baik, yaitu sebesar 24 persen,” ungkap Assistant to Sales 4W Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Sukma Dewi dalam rilis resmi, Selasa (14/9/2021).

Presentase itu entah dari mana datangnya, acuannya apa, agak enggak jelas.

Namun, setelah menelusuri rilis yang diberikan, ternyata berdasarkan jumlah pengajuan kredit pembelian mobil baru di PT Suzuki Finance Indonesia (SFI), perusahaan leasing satu atap SIS dengan Grup Indomobil.

Suzuki XL7 berhasil menjadi model yang paling laris pada periode ini, yang mana jumlah konsumen pencicil naik  109 persen dibandingkan Juli. XL7 juga mencatatkan kontribusi 44 persen dari total kredit yang disalurkan SFI sepanjang Agustus 2021.

Suzuki New Carry Pick Up. Salah satu mobil Suzuki Indonesia yang diekspor ke Filipina – dok.Istimewa

Model terlaris yang masuk kredit SFI adalah Ertiga dengan kontribusi 38 persen. Kemudian, khusus di Pulau Jawa, aliran kredit pikap New Carry naik 32 persen.

“Konsumen pun tidak hanya datang dari Jawa, tapi juga dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan lainnya. Hal ini memperlihatkan bahwa industri otomotif sudah mulai menggeliat kembali di banyak wilayah,” kata Sukma menambahkan.

CATEGORIES
TAGS
Share This