Jualan Toyota Via Grup Astra Moncer Sepanjang 2021

Sedan Toyota All New Corolla Altis diluncurkan PT Toyota Astra Motor, 12 September 2019 – dok.Motoris

JAKARTA, Motoris  – Penjualan mobil bermerek Toyota sulit dilepaskan dari entitas Grup Astra sebagai produsen/distributor/layanan servis/penyalur kredit di Indonesia. Memang ada merek lain, seperti Daihatsu, Isuzu, Peugeot, atau BMW, tapi Toyota masih yang utama meski kerap terjadi friksi antara keduanya.

Disclamer, dalam bisnis friksi itu biasa saja!

Faktanya, jualan PT Astra International Tbk (ASII) melesat 73,9% di tengah pandemi sepanjang Januari-Agustus 2021, dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Dari keterangan resmi perusahaan, Senin (13/9/2021), holding yang menaungi beberapa perusahaan otomotif ini mengaku berhasil jualan wholesale 289.509 unit, naik hanya 166.418 unit.

“Perpanjangan relaksasi PPnBM 100 persen selama Maret-Agustus pada 2021 berhasil menjadi pendorong peningkatan penjualan mobil,” ujar Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications Grup Astra.

LCGC Daihatsu Sigra – dok.Motoris

Menariknya lagi, tahun ini sudah bisa dipastikan Grup Astra bakal melampaui kinerja tahun lalu dalam hal jualan mobil. Pasalnnya sepanjang 2020, Grup Astra hanya berhasil jualan  270.076 unit. Artinya, hasil jualan dalam 8 bulan pertama tahun ini saja sudah berhasil melampauinya dan masih tersisa  4 bulan lagi.

“Kami optimistis kebijakan ini mampu mempercepat pemulihan perekonomian nasional dan menjadi penopang penjualan mobil hingga akhir 2021,” kata Boy, menambahkan.

Kalau diurai, penjualan terbesar Grup Astra disumbangkan oleh Toyota, dengan urunan 174.494 unit yang juga melonjak 77,4% dibanding periode sama tahun sebelumnya, cuma 98.330 unit.

Posisi kedua, ada Daihatsu dengan menjual 98.519 unit atau naik 69,9%, disusul Isuzu 16.185 unit.

Isuzu MU-X, versi sekarang yang dijajakan oleh anak perusahaan PT Astra International yakni PT Isuzu Astra Motor Indonesia – dok.Motoris

Dari porsi penjualan, Grup Astra mendominasi segmen mobil murah alias low cost green car (LCGC). Dalam 8 bulan pertama tahun ini, segmen mobil entry level ini tercatat  71.612 unit, naik 53,4% dari sebelumnya 46.662 unit. Total penjualan mobil murah ini juga sudah mendekati kinerja sepanjang 2020 penuh, yang tercatat  72.780 unit.

Sementara, merek lain yang tidak dalam naungan Grup Astra juga menyumbang penjualan secara nasional. Ada Mitsubishi dengan torehan 89.193 unit, Honda 64.848 unit, Suzuki 58.370 unit, dan Nissan 1.386 unit.

CATEGORIES
TAGS
Share This