Prius Hybrid Enggak Tenggak Bensin Lagi, Tapi Isap Hidrogen

Toyota Prius Hybrid Nights 2022. (Toyota/Motor1)

Tokyo, Motoris – Banyak jalan menuju Roma. Peribahasa ini coba ditunjukkan Toyota dengan menawarkan alternatif untuk menyelamatkan industri otomotif global dari kepunahan, seiring derasnya era elektrifikasi alias mobil listrik.

Tujuannya sama, menuju era bebas emisi, tetapi dengan ragam alternatif teknologi yang berbeda, bukan hanya mobil listrik alias battery electric vehicle (BEV).

Kini, Toyota berencana melunncurkan Prius Hybrid generasi terbaru, kabarnya bakal meluncur Desember 2022 mendatang. Dilansir laman Best Car Web (24/9/2021), ubahan Prius ini bukan sekadar fisik, tapi juga teknologi kekinian yang lebih ramah lingkungan.

Toyota berencana membekali teknologi hidrogen murni pada Prius Hybrid generasi kelima. (motor1)

Prius hybrid baru generasi kelima sudah tidak akan menenggak bensin lagi, tetapi mengisap hidrogen sebagai bahan bakar. Jadi mengombinasikan antara mesin hidrogen murni dengan motor elektrik.

Kabari ini sebenarnya sudah sempat terdengar dari berita sebelumnya: Toyota Siapkan Hatchback Corolla Sport GR Hidrogen, pada artikel kami sebelumnya. Kini, informasi itu semakin kentara.

Informasi lanjutan datang dari Autoblog (24/9/2021), yang menyatakan kalau Toyota juga akan menggunakan mesin tiga silinder sama yang digunakan pada Corolla Hatchback.

Mesin hidrogen murni diklaim lebih ramah lingkungan dari mesin bensin. (motor1)

Pengembangan teknologi mesin hidrogen murni memang bukan tanpa kendala. Salah satunya, adalah masalah pasokan hidrogen atau SPBU khusus hidrogen yang masih langka.

Tapi, Toyota disebut bakal memasarkan Prius Hybrid hidrogen ke Jepang dan Amerika Serikat yang dinilai lebih berkembang soal pasokan hidrogen. Belum ada spesifikasi dan emisi yang dijanjikan teknologi mesin hidrogen murni ini, tapi dijanjikan bakal jauh lebih ramah lingkungan dari mesin bensin.

CATEGORIES
TAGS
Share This