Toyota Yaris, Perwujudan Tiga Dewi Yunani sampai Jadi Mobil Sport

Toyota Yaris GR Sport kini lebih sporty dengan tema racing. (TAM)

Jakarta, Motoris – Toyota Yaris sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu pilihan mobil hatchback. Produk ini memulai debut di Tanah Air sejak 2006, kemudian dikembangkan untuk menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Mungkin belum banyak yang tahu, nama Yaris terinspirasi dari kata Charis atau Grace. Dalam sejarah Yunani kuno, ini merupakan perwujudan sosok tiga dewi (The Three Graces atau Charities). Kemudian, nama tersebut disempurnakan menjadi Yaris.

Sosok Yaris kini bukan sekadar mobil hatchback yang praktis untuk menemani beragam aktivitas penggunanya. Toyota bersama tim teknis dari GAZOO Racing juga menawarkan versi sporty dari kendaraan tersebut.

Bahkan, GR Yaris itu didatangkan sebanyak 100-an unit untuk memuaskan hasrat para penggemar mobil sport di Indonesia dalam jumlah terbatas. Dibanderol Rp850 juta, semua unit tersebut sukses menggoda para konsumen di Tanah Air.

“Line-up TOYOTA GAZOO Racing yang kami hadirkan di Indonesia, menjadi pilihan yang lebih luas bagi pelanggan yang mencari mobil dengan sensasi berkendara yang menyenangkan dan memang dibangun dengan karakter sport yang kuat, berangkat dari proses pembelajaran panjang kami dapatkan dari berbagai ajang motorsport di seluruh dunia,” ujar  Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Toyota GR Yaris, mobil balap yang digunakan dalam ajang reli dunia. (TAM)

Bagi yang belum berkesempatan memiliki mobil berperformas tinggi GR Yaris, TAM juga menawarkan produk berkode GR Sport Yaris. Produki ini mewarisi DNA sporty, khas kendaraan-kendaraan garapan tim balap Toyota Gazoo Racing tersebut.

Mobil GR Sport Yaris tersedia dalam empat varian, yakni 1.5 S M/T GR SPORT 3 AB, 1.5 S M/T GR SPORT 7 AB, 1.5 S CVT GR SPORT 3 AB, dan juga 1.5 S CVT GR SPORT 7 AB. Banderolnya mulai dari Rp268-Rp284 jutaan on the road DKI Jakarta.

Penampilan luar GR Sport Yaris terlihat berbeda dari model standar. Hal ini karena pemakaian, Stunning New Front Bumper Spoiler, Dashing LED Headlamp Design, LED Fog Lamp Cover, New Striking Rear Bumper Spoiler, New Rear Roof Spoiler, serta New Exquisite GR Side Skirt Design dan New GR Grade Emblem.

Kabin mobil ini bernuansa hitam dengan paduan ornamen silver di beberapa bagian. Toyta GR Sport Yaris dibekali head unit baru yang punya fitur Miracast, Bluetooth, dan disambungkan ke enam speaker untuk menghasilkan suara nyaman di telinga.

Saat tuas transmisi di pindahkan ke ‘R’, maka layar head unit akan menampilkan gambar dari kamera parkir. Pada tipe GR Sport Yaris juga bisa ditemukan paddle shift, mode berkendara, Leather Steering Wheel with Audio & TFT Switch, Smart Engine Start/Stop Button, dan Optitron Combination Meter with TFT MID.

Toyota memakai struktur kerangka Energy Absorbing Body Structure & High Strength Body Frame, serta banyak fitur keamanan lainnya. Tak heran jika model Yaris bisa meraih gelar lima bintang berdasarkan hasil uji tabrak ASEAN NCAP.

Selain model Yaris, beberapa produk TAM lain juga diberi kode GR Sport. Mulai dari Avanza, Fortuner, Agya, serta SUV favorit keluarga Indonesia Toyota Rush.

CATEGORIES
TAGS
Share This