Mobil Nasional Vietnam VinFast Mulai Menjamah AS

Vinfast VF e34, salah satu mobil listrik andalan Vietnam untuk bersaing di kancah otomotif global. (Autopress)

Hai Pong, Motoris – Produsen mobil lokal Vietnam, VinFast berencana mulai menjamah pasar Amerika Serikat mulai akhir 2022. Target ini agak bergeser dari rencana sebelumnya yang diprediksi terjadi 2019 atau 2020. 

Global Chief Executive VinFast Michael Lohscheller, dilansir Reuters (14/10/2021), mengatakan, model yang ditawarkan adalah dua model terbaru, bergenre sport utility vehicle (SUV) berteknologi listrik alias battery electric vehicle (BEV).

“Masih terlalu dini untuk prediksi penjualan, tapi Vinfast akan memperkenalkan mobil listrik terbaru kami, yani VF e35 dan VF e36, di Los Angeles Auto Show 2021, November ini, sekaligus menjadikan perkenalan resmi kita ke pasar AS,” ucap Lohscheller.

 Di Vietnam sendiri, Vinfast berencana mulai mengirimkan pesanan ke konsumen mulai Desember 2021 ini. Kalau terjadi, berarti ini bakal jadi sejarah baru di industri otomotif skala ASEAN, karena Vinfast jadi merek lokal pertama di Asia Tenggara yang benar-benar jualan. Indonesia sebenarnya juga pernah ada Timor dan Bimantara, pada era akhir 1990-an tetapi itu sama sekali beda alur ceritanya.

Open order sudah dibuka di Vietnam dengan target pengirima ke konsumen, Desember 2021. (VOV.VN)

VinFast, kata Lohscheller, merupakan bagian dari konsorsium kolongmerasi Vingroup, sudah puya kator di California, AS. Dalam waktu dekat Vinfast berencana membangun 60 diler baru di AS, dengan target transaksi fokus pada jualan online. Sementara basis produksi juga berad di Hai Pong, Vietnam, tetapi tak menutup kemungkinan tambahan fasilitas produksi di AS.

Didirikan sejak 2017, VinFast bertujuan untuk bersaing dalam hal harga dan juga kendaraan. Produsen mobil asal Vietnam ini juga menawarkan skema sewa baterai untuk menekan harga kendaraan listrik. Baterai merupakan salah satu komponen kendaraan listrik paling mahal saat ini.

Perusahaan telah menargetkan penjualan kendaraan listrik secara global tahun depan sebesar 15.000 unit. Angka ini turun dari target sebelumnya sebanyak 56.000 unit karena ada krisis cip semikonduktor.

Untuk mendanai pertumbuhannya, VinFast mengatakan sedang mengincar listing publik di Amerika Serikat.

“VinFast memiliki rencana untuk IPO di AS, tetapi waktu spesifik akan tergantung pada pasar dan kondisi lainnya,” kata Lohscheller. “Kami akan mengungkapkan lebih banyak informasi pada waktu yang tepat di masa depan.”

 

CATEGORIES
TAGS
Share This