Mitsubishi Xpander Cross RFBE Kena Recall di Indonesia

Mitsubishi Xpander Cross RFBE kena recall di Indonesia. (MMKSI)

JAKARTA, Motoris  PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggulirkan kampanye perbaikan massal (recall) terhadap Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition (RFBE) dengan vehicle identification number (vin) code 2011.

Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura mengatakan, recall dilakukan setelah hasil investigasi yang dilakukan pihak Mitsubishi Motors Corporation (MMC) bahwa pemasangan komponen Around View Monitor (AVM) bisa memicu masalah. 

Jadi, masalah timbul pada sistem lampu sein dan hazard, kemudian berpotensi mengganggu jalur komunikasi sinyal dan informasi pada antar ECU kendaraan. Kalau sampai terjadi malfungsi, kondisi terburuk bisa menyebabkan mesin mati tiba-tiba saat dikendarai.

Kondisi ini tentu berbahaya jika memang sampai terjadi pada konsumen yang tengah mengendarai Xpander Cross RFBE di jalan. Ancaman kecelakaan, luka-luka bisa saja terjadi sampai yang terburuk korban jiwa. Tapi, pihak MMKSI mengaku melakukan recall sebelum ada kasus pelaporan terkait masalah ini. 

“Ya. MMKSI telah mensubmit laporan recall produk ke Kementerian Transportasi RI, serta telah menginformasikan dan mengundang seluruh konsumen dengan mobil terlibat untuk berpartisipasi pada aktivitas ini,” kata Nakamura, dalam keterangan resmi perusahaan, Selasa (19/10/2021).

Mitsubishi Xpander Cross RFBE, komponen Around View Monitor (AVM) bisa memicu masalah. (MMKSI)

Pihak MMKSI juga tidak menyatakan berapa unit Xpander Cross RFBE yang masuk dalam daftar panggilan. Namun, semua konsumen akan dikirimkan surat undangan resmi untuk segera memperbaiki kenndaraannya.

“Namun, secara aktual tidak ada kasus yang telah dilaporkan terkait hal ini. Aktivitas ini dilakukan dengan melepas komponen AVM yang terpasang pada mobil terlibat,” ucap Nakamura.

Pengumuman ini dilakukan, setelah proses recall sudah bergulir sejak 4 Oktober 2021 di seluruh bengkel Mitsubishi di Indonensia. 

Recall ini merupakan yang kedua kali pernah dilakukan MMKSI pada model sejenis, satu model beda karakter, Xpander. Waktu itu, Xpander kena recall, tepatnnya Juni 2020, karena ada masalah pada komponen fuel pump yang punya potensi sama, yakni membuat mesin mobil mati mendadak

Penjelasan MMKSI waktu itu, bagian impeller tak bekerja maksimal kemudian bergesekan dengan komponen lain di sekitarnya sehingga berhenti berputar. Diumumkan ada 139.111 unit Xpander produksi 2017-2019 terlibat dalam recall ini, tapi tidak termasuk Xpander Cross.

CATEGORIES
TAGS
Share This