Daftar Menu Mobil Baru di GIIAS 2021

Calon mobil baru Honda, sudah ditampilkan pada peluncuran BR-V di Youtube. (Youtube Hondaisme)

JAKARTA, Motoris  Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dipastikan bergulir di tengah panddemi, 11-21 November 2021. Meski target utama mendongkrak penjualan mobil adalah alasan yang kerap disanggah asosiasi, tapi kemunculan mobil baru di tengah pameran selalu jadi daya tarik pengunjung.

Namun, kita sambut postif semangat pameran ini demi pemulihan ekonomi di Indonesia, karena bayangkan saja berapa sektor usaha, mulai Event Organizer, kontraktor, konsultan, transportasi, sampai bisnis katering bergerak karena pameran ini. 

Bicara mobil baru, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS, Rizwan Alamsjah mengatakan, setidaknya ada 8 merek dari total 22 perserta pameran yang memajang mobil baru. Menariknya lagi, dari calon mobil baru ini, beberapa di antaranya berstatus world premire.

“GIIAS masih dipercaya untuk menjadi sarana ATPM untuk memeperkenalkan produk baru, seperti pada tahun-tahun lalu di samping teknologinya. Pada tahun ini, akan ada beberapa peluncuran termasuk world premiere,” kata dia dalam konferensi pers, kamis (20/10/2021).

Simak uraiannya berdasarkan gelagat, tanda-tanda, termasuk fakta yang sengaja ditahan sampai kemunculan produk baru, berikut ini!

1. Toyota

Salah satu model yang paling dinantikan oleh para penggemar otomotif adalah, lahirnya generasi baru mobil sejuta umat Toyota Avanza. Pada peluncuran kali ini, Toyota juga bakal membedakan lebih tegas lagi, antara Avanza dan Veloz, yang tadinya hanya varian, menjadi model dengan status berbeda. 

Selain itu, Toyota bakal memboyong GR Yaris, sekaligus menggarisbawahi kehadiran label GR Sport di model-model masa depan. Kehadiran GR Yaris ini hanya pemanis, karena mobilnya sudah laku semua, total 125 unit yang dijual via undian.

Kemudian, Toyota juga punya varian baru Fortuner 2.8 Diesel, sesuai kemunculannya pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No.40 Tahun 2021. Jangan lupakan juga, Land Cruiser 300 yang disebut eksekutif Toyota jadi salah satu calon mobil baru tahun ini.

Mobil baru Toyota Veloz 2022 bocor di instagram, jadi ramai perbincangan netizen. (IG @Landcruiserupdates)

2. Daihatsu

Tentu saja, di mana ada Avanza di situ juga lahir, Xenia. Meskipun selalu jadi nomor dua, tapi Daihatsu merupakan produsen Avanza di Indonesia. Tapi, akan ada ubahan komposisi produksi nantinya antara Daihatsu dan Toyota untuk mobil sejuta umat ini ke depannya. 

Jangan kaget juga, kalau di masa depan, bakal lahir namanya Avanza hybrid dan Xenia hybrid, menggunakan platform baru ini, Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

3. Honda

Mobil baru lain yang bakal menyita banyak perhatian pengunjung GIIAS 2021, datang dari Honda. Setelah meluncurkan All New Honda BR-V secara world premiere, ternyata masih ada mobil baru lain.

Mobil baru ini pernah ditampilkan siluetnya, ketika BR-V meluncur di akhir tayangan video. Dari wujudnya, terlihat merupakan model sama sekali baru. Dugaan kami, produk ini adalah hasil pengembangan untuk mengisi ceruk SUV A-Segment, yang diisi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. 

Selain itu, Honda juga punya calon mobil baru yang relatif banyak, misalya HR-V baru dan Civic Sedan. Kebijakan Pajak Emisi yang baru membuat harga sedan jadi lebih murah, buktinya Civic Sedan ini tertangkap kamera lagi syuting iklan.

4. Mitsubishi

Salah satu foto yang sempat bikin heboh jagat netizen beberapa waktu lalu, adalah kemunculan Xpander Facelift yang lagi syuting di Kuningan, Jakarta Selatan. Kesimpulan kami, bakal banyak media atau influencer yang bikin konten mirip-mirip dari tema, “Perang Mobil Sejuta Umat Jilid Kedua”.  Nantikan saja!

Selain itu, Mitsubishi juga disebut akan memboyong Eclipse Cross, meski penjualannya belum begitu bersinar di Indonesia. 

Xpander Facelift hasil randering. (Andra Febrian/Instagram)

5. Suzuki

Tema konten pada bahasa di atas juga berlaku pada Suzuki, karena rencana peluncuran varian baru All New Ertiga di GIIAS 2021. Meski masih minim informasi, sepertinya tambahan fitur mild hybrid yang bakal jadi andalan Suzuki jualan mobil dengan harga masuk akal bisa dimunculkan. Namun, ini masih spekulasi kami.

Selain itu, Suzuki juga sudah menyiapkan mobil baru, juga bakal bersaing di kelas SUV A-segment, yakni S-Presso. Mobil kompak ini masuk dalam daftar Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham, diajukan sejak 25 Maret 2021, dengan status “selesai masa pengumuman”.

Belum pasti, tapi kalau benar dipasarkan, S-Presso bisa jadi alternatif menarik bagi para penggemar mobil dengan tampilan boxy, yang belakangan marak lagi. Kelebihan mobil ini, harganya yang murah, karena di India banderolnya,  mulai 411.000 Rupee atau Rp 79,5 juta saja.

6. Hyundai

Salah satu model penantang dari segmen K-Pop, adalah Hyundai. Sempat sesumbar punya lantai pameran lebih luas dari Toyota dan Honda, merek Korsel ini bakal memamerkan, Hyundai Creta.

Afirmasi sudah dilakukan setelah pihak ATPM menampilkan SUV ini dalam wujud konsep ke pihak media, belum lama ini. Selain itu, tentu saja fokus utama Hyundai adalah jualan mobil di Indonesia, sehingga segmen yang dibidik, adalah “mobil sejuta umat”. segmen LMPV. 

Untuk bersaing dengan Avanza baru, Xenia baru, Xpander facelift, dan Ertiga, Hyundai punya Stargazer. 

Hyundai pasti juga bakal menampilan mobil listrik andalan, Kona dan Ioniq atau mobil konsep baru lain. 

Hyundai Creta, randering. (IndianAutosBlog)

7. Kia

Merek Korsel lain yang kini berada di bawah naungan Grup Indomobil, Kia, bakal meluncurkan MPV barunya, Carnival terbaru. Sosok Kia Carnival sudah beberapa kali tertangkap kamera lagi tes di jalan Indonesia, menujukkan kesiapannya segera melantai ke pasar.

8. Isuzu

Kembali dari merek yang mengaku lebih fokus jualan truk dan pikap ketimbang mobil penumpang, tapi Isuzu bakal memamerkan geenrasi baru D-Max dan MU-X 4×4.

Kemunculan kedua mobil pikap kabin ganda dan SUV ladder frame ini sudah terkonfirmasi.

Generasi terbaru Isuzu MU-X dipastikan melantai di GIIAS 2021. (Isuzu)

9. Wuling

Bahasan terakhir, datang dari perwakilan merek Cina, SGMW Indonesia alias Wuling Motors. Meski belum ada model baru, tapi kemungkian kuat kalau Wuling bakal mulai jualan mobil listrik terlaris di dunia, Mini EV. Mobil yang sempat dites Menteri Kordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan ini, bakal mulai dipamerakan.

Total, pada GIIAS 2021 bakal ada 24 merek kendaraan bermotor, mulai mobil, truk, bus, dan sepeda motor. Kalau diurai, merek yang berpatisipasi adalah BMW, Daihatsu, DFSK, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Dari perwakilan kendaraan komersial, ada Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania. Sedangkan dari sepeda motor, hanya ada Honda dan Benelli.

Peserta dari pelaku bisnis aksesori juga belum terdengar, karena sempat ada ganjalan antara asosiasi dengan penyelenggara pameran pada gelaran GIIAS 2019. Selain itu, penyelenggara GIIAS juga berharap bisa meminta Presiden Joko Widodo untuk membuka pameran ini. 

CATEGORIES
TAGS
Share This