SUV Badak BMW X7 Diproduksi Akhir 2018

SUV Badak BMW X7 Diproduksi Akhir 2018
Konsep BMW X7 (Autobild)

South Carolina, Motoris – Pabrikan mobil premium Jerman, BMW, bakal memproduksi sport utility vehicle (SUV) bongsor bertenaga badak, X7, di pabrik Greer, Spartanburg, South Carolina, Amerika Serikat (AS), akhir 2018. BMW telah merilis sejumlah foto praproduksi X7.

Seperti dilansir USA Today, Selasa (9/1), sebelum dilepas ke publik, X7 akan dites oleh para insinyur dan personil pabrik perakitan Greer, yang kini memperkejakan 9.000 karyawan.

“X7 adalah kendaraan yang sangat spesial dan kami sangat menantikan peluncuran anggota baru keluarga X,” ujar Knudt Flor, kepala pabrik BMW Spartanburg.

Setelah X7 meluncur, BMW akan memiliki lima model X. Sayang, BMW belum mau merilis penampakan utuh X7. Yang jelas, mobil ini akan dirakit di lini produksi X5 dan X6 dan diekspor ke seluruh dunia. Saat ini, tim pengembangan menguji ketahanan dan performa X7 di berbagai kondisi, termasuk di gurun Death Valley dan medan es serta salju di Skandinavia.

Baca juga: Mercedes-Benz G-Class Pamer Kesaktian Sebelum Meluncur

Pabrik Spartanburg merupakan fasilitas manufaktur BMW terbesar di dunia. Tahun lalu, pabrik ini menghasilkan sebanyak 1.400 unit model X per hari, dengan akumulasi produksi sebanyak 4 juta unit sejak 1994. Dalam empat tahun mendatang, BMW akan menginvestasikan US$ 600 juta untuk pabrik ini dan menarik 1.000 tenaga kerja baru, sehingga totalnya mencapai 10.000. Model X yang diproduksi pabrik ini adalah X3, X4, X5, dan X6, serta yang nantinya X7.

Hingga kini, BMW telah menanam US$ 8 miliar untuk mengembangkan pabrik ini. Pada 2016, produksi pabrik ini mencapai 411 ribu unit, di mana sebanyak 70% dipasok ke pasar ekspor.

BMW Blog melaporkan, X7 kemungkinan ditawarkan dalam varian, yakni The X7 xDrive 40i yang menggunakan mesin berkapasitas 3 liter, twin power turbo, enam silinder segaris dengan tenaga 335 Hp dan torsi 450 Nm, lalu X7 xDrive 50i bermesin 4.4-liter, twin turbo, V8, yang menghasilkan tenaga 445 Hp dan torsi 648 Nm, dan X7 xDrive40d dengan mesin diesel 3 liter.

X7 akan menjadi SUV terbesar dan termewah BMW di dunia sekaligus menjadi produk andalan BMW. X7 akan dilepas dengan konfigurasi kursi tiga baris, tujuh penumpang, sehingga ideal untuk keluarga. Desainnya akan menyerupai X5 dan akan bersaing dengan SUV Range Rover dan Mercedes Benz GLS. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS