Baru Dua Bulan, Honda CRF150 Sudah Habisi KLX

Baru Dua Bulan, Honda CRF150 Sudah Habisi KLX
Calon konsumen sedang mengamati Honda CRF150L (AHM)

Jakarta, Motoris – Honda CRF150L hanya butuh waktu dua bulan untuk menghabisi Kawasaki KLX 150, yang selama ini merajai segmen motor trail 150 cc. Desember 2017, penjualan CRF150 mencapai 3.037 unit, sedangkan KLX 2.782 unit.

CRF150 mulai dijual PT Astra Honda Motor (AHM) pada November 2017, dengan volume 3.869 unit, sehingga akumulasi penjualan motor ini mencapai 6.942 unit.  Jika penjualan Desember 2017 disetahunkan, penjualan CRF150 bisa mencapai 36 ribu unit per tahun, sedikit di atas target AHM sebanyak 35 ribu unit.

Memang, jumlah itu masih jauh di bawah KLX 150 yang tahun lalu, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), mencapai 46.433 unit. Adapun penjualan D Tracker 150 alias LX 150 H mencapai 16.282 unit. Akan tetapi, bukan mustahil CRF bisa mengalahkan KLX dalam penjualan tahunan. Ceritanya bisa seperti Honda CBR250RR yang sukses melumat Kawasaki Ninja 250 fairing (EX 250 L), yang selama sembilan tahun lebih menguasai pasar motor sport 250 cc.

Tahun lalu, masih berdasarkan data AISI, penjualan CBR250RR mencapai 7.384 unit, sedangkan Ninja 250 hanya 6.067 unit. Ninja 250 baru bisa melawan CBR250RR jika penjualan varian fairing dan naked digabungkan, yang volumenya tahun lalu mencapai 7.532 unit.

Baca juga: Jurus AHM Tangkal Black Campaign pada Honda CRF150L

Indikasi bakal tumbangnya KLX 150 terlihat dari terus turunnya penjualan bulanan. Setelah sempat menembus 4.000-an unit awal 2017, penjualan KLX 150 terus melorot pada paruh kedua, terlebih setelah CRF 150 masuk pasar. ‘

Deputy General Manager Sales Division AHM Didi Kwok belum lama ini menyatakan, menjelang akhir 2017, pihaknya melengkapi kehadiran CRF Series dengan meluncurkan All New Honda CRF150L, dengan konsep sport on-off. Kehadirannya mengakhiri penantian panjang para pengendara yang menyukai pengalaman berkendara yang seru dan menantang.

Motor ini dikembangkan khusus untuk para konsumen yang tangguh, berani, dan senang memicu adrenalin. Model ini yang secara perdana mengaspal pada November tahun lalu terjual melampaui target penjualan bulanan yang dipatok 3.000 unit. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This