Nissan Juke Belum Habis, Generasi Baru Siap Mengaspal Tahun Ini

Nissan Juke Belum Habis, Generasi Baru Siap Mengaspal Tahun Ini
Nissan All New Juke (Autoexpress)

Jakarta, Motoris – Nissan ternyata belum mempensiunkan crossover Juke, kendati telah memperkenalkan Kicks, yang disebut-sebut menjadi pengganti. Sebaliknya, prinsipal Jepang ini malah akan melepas generasi terbaru Juke tahun ini, yang hadir dengan sasis dan mesin baru.

Auto Express, Selasa (23/1), melaporkan, All New Juke segera dirilis di Inggris, dengan penyempurnaan radikal dari model lawas, sehingga siap menikam balik para rival. Gambar eksklusif yang diperoleh media ini menunjukkan, Juke terlihat lebih elegan dibandingkan model lawas.

Sumber Auto Express menegaskan, Nissan masih mempertahankan ciri khas Juke, yakni lampu utama di bawah lampu senja. Grill berbentuk V khas Nissan kini dibuat lebih tegas. Bemper bawah bermotif sarang tawon dan kanan kirinya terdapat garnish krom doff yang berimpitan dengan spoiler. Perubahan radikal terjadi pada sasis, di mana Juke bakal menggunakan platform baru dari B0 menjadi CMF-B platform, yang digunakan March baru.

Soal desain Juke baru, Kepala Kreatif Nissan Shiro Nakamura membenarkan penuturan sumber itu. Dia memastikan, Juke anyar tetap edgy dan berbeda dengan arus utama. Dengan demikian, orang tetap mengenal mahluk ini sebagai Juke, yang desainnya dianggap esktrem oleh sebagian orang.

Baca juga: Nissan Mau Boyong Terra ke Indonesia

IG @motorisindonesia-Grafis-Nissan Mau Boyong Terra ke Indonesia-Motoris

Tetapi, desain itu tetap merepresentasikan wajah baru Nissan, seperti yang terlihat pada Qashqai. Sementara itu, jarak sumbu roda bakal dibuat lebih panjang untuk menjawab kritik model saat ini, yakni ruang kaki sempit.

Perubahan besar lainnya ada di sisi kabin, di mana model baru akan sarat dengan material empuk dan bahan fabric dan plastik premium. Desainnya kemungkinan tak jauh dari March baru. Sistem hiburan dilengkapi Apple CarPlay dan Android Auto.

Nah, ini yang istimewa. Sasis CMF-B akan menampung mesin baru, termasuk 1 liter bensin, tiga silinder, turbo. Selain itu, mesin diesel 1,5 liter etap dipertahankan bersama bensin 1,6 liter dengan tenaga badak, 192 Hp.

Bukan hanya itu, sumber di Nissan menyatakan, Juke anyar juga memiliki varian hibrida, menggunakan motor listrik konsep Gripz yang tayang di Frankfurt Motor Show 2016. Soal ini, Nakamura menegaskan, “Sangat sulit untuk memenuhi standar emisi kami tanpa mesin hybrid. Ini seperti sudah menjadi mandatori,” tukas dia.

Juke versi Eropa bakal tetap diproduksi di pabrik Nissan Sunderland, Inggris. 2017, fokus Nissan adalah menjual March, yang di Inggris disebut Micra. Generasi lawas Micra dikritik pedas lantaran menggunakan material murahan. Ini dijawab Nissan dengan melepas All New Micra yang tampil lebih elegan dan menggunakan material berkelas. (gbr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This