Xpander Buatan Bekasi Makin Penting Buat Mitsubishi Global

Xpander Buatan Bekasi Makin Penting Buat Mitsubishi Global

Jakarta, Motoris – Mitsubishi sudah mengungkapkan laporan penjualan retail mereka di seluruh dunia untuk tahun kalender 2017. Di dalam laporan yang memperlihatkan hasil positif itu, terlihat kontribusi Indonesia makin penting bagi Mitsubishi global berkat kesuksesan Xpander.

Di periode Januari-Desember 2017, Mitsubishi Motors Corporation (MMC), melalui keterangan tertulis mereka, mengklaim kenaikan penjualan global sebanyak 10 %, dari 934 ribu unit setahun sebelumnya menjadi 1,03 juta unit.

“Mitsubishi Motors memperoleh hasil yang baik pada 2017, dengan kinerja yang kuat yang dipimpin oleh bisnis kami di China dan kawasan ASEAN. Kami juga bersemangat melihat bisnis domestik kami di Jepang melakukan langkah pertama menuju pemulihan,” terang Chief Operating Officer MMC Trevor Mann.

Di pasar terpenting mereka yaitu China, retail Mitsubishi membubung tinggi 56 % menjadi 129 ribu unit. Penyebabnya ialah kuatnya minat pada Outlander rakitan lokal.

Baca juga: Diganggu Xpander, Kapitalisasi Astra Ambles Rp 34 T

Follow IG @MotorisIndonesia – Grafis Motoris-Ekspor Xpander ke Filipina

Amerika Serikat dan Jepang berkontribusi masing-masing 104 ribu dan 92 ribu unit. Korporasi yang sekarang berada di bawah Nissan itu mampu menaiikan penjualan di kedua pasar sebanyak 8 % dan 7 %.

ASEAN kemudian disebut-sebut oleh Mitsubishi karena secara akumulatif mampu mendonasikan 242 ribu unit, naik 17 %. Di dalamnya ada Australia (81 ribu unit), Indonesia (80 ribu), Filipina (71 ribu), Thailand (70 ribu).

Di empat negara ASEAN itu, pertumbuhan penjualan dengan presentase dua digit digapai. Hanya saja, pangsa pasar Mitsubishi masih 5 % di tiap-tiap negara.

Disebutkan, kontribusi bagus Indonesia tak lepas dari peran LMPV Xpander yang meluncur pada Agustus tahun lalu.

Negara-negara lain yang disebutkan oleh MMC turut berkontribusi ialah Jerman yang naik 16 % (45 ribu), Rusia yang tumbuh 45 % (24 ribu), pun Uni Emirat Arab yang sayangnya melesu 18 % karena ketegangan di kawasan (24 ribu).

Senjata Global

Catatan Motoris dari data wholesales Gaikindo, Xpander berhasil terjual 13.070 unit sejak didistribusi pada Desember-Desember 2017.

Inden untuk mobil yang dirakit di pabrik Cikarang, Bekasi itu hingga kini malah sudah dipesan 70 ribu unit. Mitsubishi sampai menunda ekspor hingga semester dua nanti demi memenuhi inden.

Ekspor Xpander kelak tak cuma terbatas di ASEAN, tapi juga ke Afrika, Amerika Latin, Timur Tengah. Dari total kapasitas produksi sebanyak 80 ribu unit yang disiapkan untuk Xpander, sebanyak 20 ribu di antaranya untuk ekspor. (Kuy)

CATEGORIES
TAGS
Share This