Mercy Tolak Disebut Anak Bandel Gaikindo

Mercy Tolak Disebut Anak Bandel Gaikindo
Mercedes-Benz dianggap melanggar peraturan keanggotaan Gaikindo. (indonesiaautoshow.com)

Jakarta, Motoris – PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menolak disebut anak bandel Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). MBI mengklaim selalu patuh mengikuti aturan asosiasi otomotif itu, kendati faktanya sudah puasa memasok data wholesales ke Gaikindo sejak Mei 2017

“Mercedes Benz (Mercy) tetap menjadi anggota Gaikindo dan masih tetap eksis. Pemberitaan yang menyebutkan Mercedes Benz keluar dari keanggotaan Gaikindo salah,” ujar Deputy Director Sales Operation and Product Management MBDI Kariyanto Hardjosoemarto di Jakarta, belum lama ini, seperti dilansir Investor Daily.

Sebelumnya, Gaikindo mengancam bakal mengeluarkan Mercy dari keanggotaan, jika pabrikan ini masih tetap bandel tak memberikan data wholesales. Asosiasi resmi yang memayungi para agen tunggal pemegang merek mobil di Tanah Air tersebut memberikan waktu hingga akhir bulan ini.

“Kami memberikan waktu sampai Januari pada Mercedes untuk putuskan, mau atau tidak (berikan data penjualan). Kalau tidak mau, akan kami keluarkan,” kata Ketua I Gaikindo Yongkie D Sugiarto, pertengahan Januari silam.

Menurut dia, kalau Mercedes terus dibiarkan, Gaikindo sama saja bertindak tidak adil pada anggota lain yang juga dituntut untuk memberikan data wholesales. Apalagi, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 79 Tahun 2013, Gaikindo ditugaskan mengumpulkan data whosales para anggotanya untuk dilaporkan kepada pemerintah. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This