Honda Scoopy Bersolek, Spacy Tergolek

Honda Scoopy Bersolek, Spacy Tergolek

Jakarta, Motoris – PT Astra Honda Motor (AHM) menyegarkan tampilan skutik bergaya retro modern, Scoopy dengan desain grafis dan pilihan kelir baru. Sayangnya, model lain yang juga mengisi segmen sama skutik 110cc, Spacy semakin dilupakan.

Honda Scoopy  kini hadir dengan 7 pilihan warna baru berkonsep Sporty dan Stylish. Pada varian Stylish ada dua warna baru, Stylish Matte Red dan Stylish White, mendampingi kelir yang sudah ada sebelumnya, Stylish Matte Brown dan Stylish Black.  Sedangkan, varian Sporty, ada tiga pilihan warna,  Sporty White, Sporty Red dan Sporty Black.

Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya, mengatakan, Scoopy merupakan salah satu skutik terlaris di Indonesia, dipasarkan sejak 2010. Sampai saat ini, Scoopy sudah terjual lebih dari 2,5 juta unit di Indonesia.

“Penyegaran yang tampil beda dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang disematkan pada New Honda Scoopy diharapkan dapat memberikan kebanggaan bagi pengendaranya yang menyukai gaya hidup sebagai trendsetter di komunitasnya,” ujar Thomas, dalam keterangan resminya (14/2/2018).

Baca juga: Honda Lupakan Spacy, remajakan BeAT Pop

Honda Spacy menunjukkan tanda-tanda kepunahan di Indonesia, padahal di Malaysia baru saja disegarkan tampilannya 2017 lalu. (AHM)

Meski ada tambahan baru, Scoopy tetap sama harganya, tidak ada kenaikan, dibanderol Rp 17,8 juta on the road Jakarta. Tahun ini, Scoopy ditargetkan bisa terjual 720.000 unit, naik dari perolehan 2017. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sepanjang tahun lalu, Scoopy terjual 612.197 unit atau tumbuh 15,8% (year on year).

Lantas, bagaimana nasib Spacy?

Data AISI, periode 2017, mencatat penjualan Spacy hanya 5.042 unit saja, semakin turun dibandingkan 2016, yang tercatat 6.170 unit. Kalau dirata-rata, maka setiap bulan penjualannya cuma 420 unit saja (2017). Sangat jauh kalau dibandingkan Scoopy yang terjual rata-rata 51.000 unit per bulan.

Pada bulan pertama 2018, jumlah distribusi Honda Spacy juga semakin menyusut, tercatat tinggal 28 unit saja. Belum ada pernyataan resmi dari AHM, tetapi kalau sudah data yang berbicara, tanda-tanda berakhirnya pemasaran Spacy sudah tidak lama lagi. (sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This