Suzuki Wagon R Versi MPV Segera Hadir

Suzuki Wagon R Versi MPV Segera Hadir
Suzuki Wagon R versi MPV tertangkap basah sedang dites di India (TeamBHP)

New Delhi, Motoris – Ini berita panas. Suzuki siap meluncurkan Wagon R versi MPV tujuh penumpang, yang bakal bertarung dengan Datsun Go+ di India dan tentu saja duet maut Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, jika dijual di Indonesia. MPV ini diposisikan berada di Wagon R hatchback dan LMPV Ertiga.

Kabar itu mencuat setelah Wagon R MPV difoto saat dites di India. Memang belum ada kepastian kapan mobil ini dirilis. Akan tetapi, Ibtimes India, Rabu (28/3, mengutip TeamBHP menyatakan, Wagon R MPV dalam proses pematangan di India.

Produksi mobil itu kemungkinan dieksekusi September 2018 dan ada potensi peluncuran dilakukan November 2018. Kalau sudah begini, potensi Wagon R MPV masuk Indonesia sangat besar. Seperti yang sudah ditulis Motoris berkali-kali, Maruti Suzuki menjelma menjadi kiblat Suzuki Indonesia. Buktinya sudah banyak, mulai dari Ertiga, Ignis, Baleno, harga hingga SX4 S-Cross semua dikembangkan di India.

Suzuki sebenarnya memiliki MPV di bawah Ertiga, yakni Solio. Mobil sudah sering terlihat sedang dites di India sejak 2014, namun tak kunjung keluar. Hanya saja, panjang MPV ini kurang dari 4 meter.

Dari foto yang ditampilan TeamBHP, sepertinya sosok mobil itu bukan Solio, karena lebih panjang. Kalaupun ada kesamaan, itu pasti dari perawakannya yang tinggi.

Sedikit gambaran soal Solio, mobil ini kaya elemen krom dan grille-nya lebih ciamik ketimbang Wagon R. Tersedia sliding door seperti MPV Rp 200 juta ke atas model Toyota Sienta dan almarhum Honda Freed di Indonesia.

Fiturnya lumayan, antara lain sistem hiburan layar sentuh, yang bisa dikontrol dari setir. Mesinnya bensin 1,2 liter, empat silinder, yang dipadukan dengan motor generator unit, bertenaga 90 Hp dan torsi 118 Nm.

Sementara itu, Wagon R dibekali mesin yang kurang greget, yakni K10B, 998 cc, yang menghasilkan tenaga 68 Hp di rpm tinggi, 6.500, dan torsi 90 Nm di 3.500 rpm. Mesin ini juga dipakai Wagon R Indonesia yang masuk program mobil murah. Kita lihat saja nanti mesin apa yang bakal digunakan Wagon R MPV. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This