Goda Para Pehobi, Mitsubishi Sodorkan New Triton Athlete

Goda Para Pehobi, Mitsubishi Sodorkan New Triton Athlete

Jakarta – Setelah penjualannya di 2017 lalu mencapai 9.853 unit atau naik hingga 69,01%, kini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI) kembali memacu penjualan pikap L200 Triton.

Di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, agen pemegang merek Mitsubishi itu meluncurkan versi baru pikap double cabin Triton Athlete.

“Tahun lalu, kami membukukan capaian kenaikan penjualan tertinggi dalam sejarah selama berada di Indonesia, 69,01%, sekarang kami kuatkan penetrasi selain fleet market, yakni di kalangan pehobi. Karenanya kami hadirkan New Triton Athlete ini,” tutur Head of Sales and Marketing Group MMKSI, Imam Choeru Cahya, saat ditemui Motoris di booth Mitsubishi, di arena IIMS 2018, JiExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin (23/4).

Seperti halnya permintaan di segmen korporat, lanjut Imam, permintaan di pasar individu atau kalangan pehobi juga terus mengalami kenaikan. Kendaraan ini menjadi bagian dari gaya hidup para pecintanya, mulai dari  kegiatan penyaluran olah raga di medan berat, mengangkut sepeda atau kendaraan bermotor roda dua, atau sekadar jalan-jalan.

“Untuk penunjang penampilan gaya hidup lah. Segmen ini terus tumbuh, meskipun tidak sebesar di fleet market, tapi pertumbuhan terus terjadi. Banyaknya kelas menengah dan ekonomi yang membaik menjadi pemicu permintaan tersebut,” ujarnya.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang kuartal pertama penjualan Mitsubishi Triton masih memimpin dengan jumlah 2.518 unit. Dia dibayang-bayangi Toyota Hilux yang sebanyak 2.009 unit. Selanjutnya ada Isuzu D-Max yang mencatatkan penjualan 125 unit, dan Chevrolet Colorado 40 unit.

Toyota Hilux

Hanya, secara umum  – baik di segmen pasar Fleet maupun individu pehobi – tak berarti Mitsubishi bisa melenggang bebas. Pesaing beratnya, yakni Toyota juga tak tinggal diam. Melalui PT Toyota Astra Motor (TAM), Toyota mematok target penjualan tahun ini naik 10% atau menjadi 8.427 unit.

Menurut kolega Motoris di TAM, selain dari sektor pertambangan dan perkebunan, sektor konstruksi atau infrastruktur juga memantik permintaan pikap Toyota Hilux.

“Target kami sebagian besar di segmen pasar fleet. Target pertumbuhan ini memang terbilang kecil ya karena kami realistis dengan kondisi yang ada,” ujarnya saat dikonfirmasi.

New Triton Athlete – dok Motoris

Mengingat segmen individu merupakan segmen yang sangat kecil alias niche market, “Segmen nieche market merupakan emotional customer, sehingga kebutuhannya berbeda dengan fleet yang lebih mengutamakan fungsional ekonomis,” papar kolega tersebut.

Sementara itu, Executive General Manager TAM Fransisvus Soerjopranoto  tak menampik informasi soal target yang relatif kecil di tahun ini. Meski harga komoditas baik hasil tambang maupun perkebunan khususnya batubara dan crude palm oil (CPO) naik, namun TAM tak mengabaikan perhelatan politik yang ada.

“Jangan lupa ada tahun politik. Tapi (semestinya) penyeimbangnya  exchange rate (nilai tukar rupiah terhadap dolar) yang kuat. Kadi (targetnya) lebih baik konservatif-lah,” ujarnya saat dihubungi Motoris, Rabu (25/4).

Ubahan di New Triton Athlete

Di versi anyar ini, Mitsubishi menyajikan sejumlah ubahan. Sederet fitur anyar ditanam di pikap kabin ganda ini. Diantaranya, Keyless Operating System, Push Start Button dan Leather Seat Material, hingga Power Seat. Interior juga mendapatkan sentuhan ubahan melalui padupadan aksen warna hitam dan oranye pada interior.

Pada bagian eksterior ubahan terlihat pada Sporty Black Grille, Stylish Sporty Bar; Aggressive Alloy Wheel 17 inci, Sporty Front Bumper Garnish, Stylish Body Stripping, Stylish Gate Spoiler dan Sporty Black Side Step. Selain itu Mitsubishi juga menghadirkan Sporty Rear Bumper, Sporty Black Door Handle, Sporty Black Electric Folding Door Mirror, serta HID Headlamp dengan DRL.

Pikap ini ditawarkan dalam dua pilihan transmisi otomatis dan manual, dalam balutan warna white pearl. Untuk varian bertransmisi otomatis dibanderol Rp 445 juta dan untuk versi manual Rp 431 juta. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This