Bangkit dari Mati Suri, Harga Suzuki Nex Anyar Masih Teka-teki

Bangkit dari Mati Suri, Harga Suzuki Nex Anyar Masih Teka-teki

Jakarta, Motoris – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Senin (23/4/2018) resmi memperkenalkan versi anyar dari skutik Suzuki Nex yang mati suri sejak 2015 lalu, di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Meski telah mendapatkan serangkaian ubahan mulai dari gaya desain bodi, fitur, hingga tampilan warna namun Suzuki terkesan masih gamang menetapkan harga Suzuki Nex II.

Soal masih belum disebutnya harga itu, Sales & Marketing 2W Departement Head PT Suzuki Indomobil Sales, Yohan Yahya, berdalih karena pihaknya ingin memberi kejutan

.”Ya namanya saja perkenalan. Nantilah pas peluncuran resmi diumumkan, bulan depan,” ujarnya saat ditemui usai perkenalan di area IIMS 2018, JiExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Yohan juga mengaku PT SIS sudah menetapkan besaran nominal harga tersebut. Hanya, saja pihaknya masih menunggu momen yang pas untuk menyebutkannya sembari melihat perkembangan pasar termasuk ‘gerakan’ dari pesaing.

Suzuki juga mengaku realistis menghadapi beratnya persaingan. Alhasil, tak muluk mematok target. Hal itu terlihat dari target penjualan yang dipatok yakni hanya 60.000 per tahun atau 5.000 unit per bulan.

Suzuki Nex II saat diperkenalkan di gelaran IIMS 2018 – dok.Motoris

Managing Director 2W PT. SIS, Seiji Itayama, mengakui target itu memang sangat jauh dibanding dengan penjualan pesaingnya. “Target kami masih lebih sedikit dari kompetitor. Tapi, kami optimistis akan tercapai 60.000 unit setahun. Artinya, 5.000 unit per bulan,” ujarnya.

Dia juga menyanggah anggapan peluncuran versi anyar Nex itu terlambat karena para pesaingnya telah eksis di pasar tanpa jeda seperti skutik Suzuki itu. “Bagi kami tidak ada kata terlambat. Karena pasar Indonesia masih terbuka dan memiliki potensi yang sangat besar,” ungkapnya.

Target penjualan Nex II yang dipatok Suzuki itu sangat jauh dari penjualan pesaingnya Honda BeAT eSP. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukan pada tahun 2017, skutik Honda itu terjual 1,72 juta unit.

Mesin masih sama
Soal mesin, Yohan Yahya menyatakan Suzuki Nex II masih mengusung mesin yang sama dengan versi lawas yakni berkapasitas 115 cc silinder tunggal SOHC. Mesin ini berteknologi Suzuki Ecp Performance (SEP).

Sedangkan saat ditanya apakah ada peningkatan tenaga maupun torsi dari mesin tersebut, Yohan tak menjawab dengan tegas. “Soal spesifikasi teknis nanti pas peluncuran kita sajikan datanya,” kata dia.

Namun yang pasti, lanjutnya, dengan ubahan tampilan yang diklaim lebih sporty dengan imbuhan fitur baru kekinian diklaim bakal memantik minat konsumen usia muda, 17 – 25 tahun.

“Nex II ini dilengkapi LED Headlight, USB Charger, Sporty Body Striping Set, Meter Visor, Coffer Muffler + Hole, dan Rim Decal,” ucap Yohan.

Skutik yang ditawarkan dalam lima varian warna yakni Sporty Runner, Fancy Dynamic, Elegant Premium, Elegant, dan Standard ini sudah bisa dipesan pada Mei mendatang. Kabarnya mulai diproduksi pada Mei atau Juni dan diuncurkan di hajatan Pasar Raya Jakarta (PRJ) 2018, Mei nanti. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This