Sambil Terseok, Honda Sodorkan Warna Baru Supra GTR 150

Sambil Terseok, Honda Sodorkan Warna Baru Supra GTR 150

Jakarta, Motoris – Pertarungan di segmen motor bebek super, yakni antara Honda Supra GTR dengan Yamaha MX-King tidaklah seimbang. Kami bicara soal segmen di luar segmen ayam jago, seperti Honda Sonic dan Suzuki Satria.

Setelah sepanjang 2017 lalu tak mampu memberikan perlawanan, kini di kuartal pertama 2018 motor bebek flagship Honda itu masih babak belur ‘dihajar’ jagoan Yamaha. Penjualan Honda Supra GTR belum berhasil menghadapi pesaing Yamaha MX-King.

Sejak dua tahun lalu, Supra GTR tertinggal jauh dalam laju penjualan. Bahkan di tiga bulan pertama atau kuartal satu 2018 ini, juga masih tertinggal.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) berbicara, sepanjang Januari – Maret lalu penjualan MX-King tercatat 35.065 unit. Rinciannya penjualan Januari sebanyak 6.011 unit, Februari 2.252 unit, dan Maret 6.302 unit.

Sedangkan Supra GTR 150 total hanya 2.786 unit, dengan uraian di Januari sebanyak 1.780 unit, Februari 631 unit, dan Maret 375 unit. Sebuah selisih yang sangat jauh.

Bahkan, jika dilihat dua tahun sebelumnya, GTR juga sudah tak berdaya menghadapi bebek sport Yamaha itu. Tercatat, sepanjang 2016 produk Honda itu hanya membukukan penjualan 32.480 unit, dan tahun berikutnya (2017) malah melorot menjadi 22.536 unit.

Prestasi sebaliknya ditorehkan Yamaha MX-King. Pada 2016, model ini terjual 68.785 unit. Sedangkan 2017, meski menurun dan menjadi 62.551 unit, tetapi masih jauh di atas penjualan Honda Supra GTR.

Baca juga: Federal Oil Lepas ke Tangan Asing

New Honda Supra GTR150 – dok.Motokars.com

Penyegaran

Kini, di pekan pertama Mei 2018, PT Astra Honda Motor (AHM) mencoba menjalankan strategi penyegaran dengan menyodorkan warna baru ke konsumen. Meski, penyegaran produk merupakan siklus yang normal dan konvensional, namun dimaksudkan tetap bisa menggaet konsumen.

Hanya memang, dalam kondisi persaingan yang sudah tidak seimbang seperti sekarang, efektivitas strategi seperti ini dipertanyakan.

“Honda semestinya melakukan gebrakan yang benar-benar membuat calon customer menengok kepadanya. Bukan sekadar facelift atau memoles dengan kosmetik saja,” kata kolega Motoris yang punya pengalaman kuat di asosiasi industri sepeda motor nasional, saat berbincang bersama, Minggu (6/5/2018).

Dua warna baru Honda Supra GTR, yaitu Exclusive Matte Red dan Gun Black dengan desain striping baru. Dua varian kelir itu diklaim AHM mempertegas kesan agresif bagi para pecinta touring dan sport yang ingin tampil beda dalam berkendara.

“Model ini semakin kompetitif untuk dikendarai dengan memberikan sensasi sport berkecepatan tinggi, namun tetap stabil dan memberikan kenyamanan serta kebanggan bagi pengendara,” ujar  Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya, dalam siaran pers, Jumat (4/5/2018).

Untuk tipe Sporty, degan varian warna Gun Black dan Red Black dibanderol Rp 22.050.000 on the road (OTR) Jakarta. Sedangkan untuk tipe Exclusive dengan kelir Exclusive Matte Red dihargai Rp 22.300.000 OTR Jakarta. (ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This