Viar Mau Masuk AISI

Viar Mau Masuk AISI

Jakarta, Motoris – PT Triangle Motorindo, agen pemegang merek dan produsen sepeda motor merek nasional Viar, ingin masuk Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Jika disetujui, Viar akan menjadi motor nasional kedua yang masuk AISI, setelah Kanzen, kendati merek itu telah mati sejak 2009.

“Niat Viar ini akan dibahas di rapat anggota. Sejauh ini, belum ada keputusan final,” ujar kolega Motoris di AISI, belum lama ini.

Dia menuturkan, syarat menjadi anggota AISI salah satunya adalah harus memiliki fasilitas manufaktur. Hal ini mampu dipenuhi Viar, lantaran memiliki pabrik perakitan di Semarang, Jawa Tengah, berkapasitas 1.000 unit per hari.

Dalam laman resminya, Viar memiliki 20 motor, mulai dari sport, trail, skutik listrik, hingga motor niaga beroda tiga. Viar didukung 700 lebih diler dan perusahaan pembiayaan kakap, seperti Adira dan Bhakti Finance. Merek ini mencuri perhatian saat melepas Q1, sepeda motor listrik pertama yang dijual di Indonesia.

Baca juga: Federal Oil Lepas ke Tangan Asing

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terbaru-Motor Bebek Listrik Honda Siap Diproduksi

Di sisi lain, AISI kini dikuasai pabrikan Jepang, yakni Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. TVS, pabrikan motor India, hanyalah pelengkap, lantaran penjualan domestiknya hancur. TVS bertahan hidup dengan mengekspor motor.

Per Maret 2018, sesuai data AISI, penjualan motor domestik mencapai 1,4 juta unit. Pabrikan Jepang nyaris menguasai 100% pasar, karena penjualan TVS pada periode itu hanya 92 unit. Padahal, kapasitas pabrik TVS sangat besar, 300 ribu unit per tahun. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This