Suzuki Pastikan Baleno di Indonesia Tanpa Recall

Suzuki Pastikan Baleno di Indonesia Tanpa Recall

Jakarta, Motoris – Pabrikan otomotif terbesar di India, Maruti Suzuki, telah mengumumkan status “inspeksi dan perbaikan komponen brake vacuum hose (selang vakum rem) terhadap 44.982 unit Swift dan 7.704 unit Baleno mulai Senin (14/5/2018) lalu. Namun, untuk unit Suzuki Baleno di Indonesia tidak termasuk dalam daftar recall tersebut.

Sebelumnya, Suzuki Maruti India mengatakan model yang ditengarai bermasalah merupakan produksi Maruti Suzuki sejak 1 Desember 2017 sampai 16 Maret 2018. Semua pemilik kendaraan yang masuk dalam daftar recall itu dhubungi pada 14 Mei 2018 untuk pemeriksaan dan penggantian komponen yang berasalah.

Sementara, kolega Motoris di PT Suzuki Indombil Sales (PT SIS) memastikan bahwa Suzuki Swift yang pernah dijual di dalam negeri merupakan unit yang diimpor dari Thailand. Artinya aman dari masalah tersebut.

Sedangkan Suzuki Baleno yang dijual di Indonesia memang diimpor secara utuh dari India. Hanya, kata sang kolega, unit-unit yang diekspor oleh India itu berbeda dengan yang dipasarkan di dalam negeri dan masuk ke daftar recall.

Baca juga: Kinerja Express Hancur Gara-gara Taksi Online

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya – Baru Dirilis, Penjualan Datsun Cross Malah Loyo.

Menurut dia, kampanye itu hanya untuk Baleno bermesin bensin 1.2L yang dipasarkan lokal di India. Komponen penyakit brake vacuum hose dikatakan berbeda dari versi mesin bensin 1.4L yang dijual di Indonesia.

Baleno bukan sekali saja bermasalah di India. Pada Mei 2016 hatchback itu pernah ditarik buat perbaikan kantong udara yang melibatkan 75.419 unit. (Crf)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This