Alasan Toyota Kehilangan Pangsa Pasar di Indonesia

Alasan Toyota Kehilangan Pangsa Pasar di Indonesia

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari sampai April lalu penjualan mobil Toyota menyusut dibanding periode sama tahun 2017 yakni menjadi 113.854 unit dari sebelumnya 140.508 unit. Gelontoran model-model baru yang ditawarkan merek lain diakui PT Toyota Astra Motor (TAM) telah membuat konsumen beralih, sehingga permintaan pun menurun.

Melihat permintaan yang menurun, kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, maka pasokan pun direm. “Kita mencoba maintain keseimbangan demand (permintaan) dan supply. Supaya diler berada di kondisi stok yang sehat,” kata Soerjo saat dikonfirmasi Motoris, Kamis (17/5/2018).

Meski masih berada di urutan pertama dalam daftar merek terlaris, namun penurunan penjualan Toyota di empat bulan pertama tahun ini cukup signifikan, yakni 26.654 unit dibandingkan 2017. Soal menyusutnya permintaan, Soerjo menyebut ada berbagai faktor salah satunya adalah bermunculannya model-model baru.

Termasuk model serupa yang digelontorkan merek lain. “Karena customer (konsumen) punya pilihan yang semakin banyak (model). Dulu cuma ada sedan dan MPV. Sekarang, ada SUV, ada hatchback,” ucap Soerjo.

Baca juga: Perfroma Toyota Indonesia Menyentuh Titik Nadir

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Kubur Harapan Honda Jual Freed Lagi di Indonesia.

Akibat melorotnya penjualan, penguasaan pangsa pasar oleh Toyota pun menyusut. Jika di empat bulan pertama tahun lalu masih menggenggam 37,6%, kini hanya 28,9% .

Padahal, seperti diungkap dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari – April 2018, penjualan mobil di Tanah Air meningkat 5,6% dibanding kurun waktu yang sama tahun 2017 lalu. Jika di tahun lalu penjualan sebanyak 373.348 unit, tahun ini menjadi 394.421 unit.

Sejak kuartal akhir 2017 hingga kuartal pertama 2018 sejumlah model anyar digelontorkan merek. Pabrikan asal Tiongkok, Wuling Motors misalnya meluncurkan low MPV (LMPV) Wuling Confero, kemudian Mitsubishi menawarkan Mitsubishi Xpander, dan terakhir Suzuki menyusuhkan All New Ertiga. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This