Bugatti Termahal Ditebus Pembeli Misterius

Bugatti Termahal Ditebus Pembeli Misterius
Bugatti La Voiture Noire, menjadi model Bugatti paling mahal dalam sejarah perusahaan - dok.Bugatti

Paris, Motoris – Merayakan ulang tahunya yang ke-110, pabrikan otomotif kenamaan asal Perancis, Bugatti meluncurkan mobil limited edition terbarunya, yang digadang-gadang menjadi mobil baru termahal yang pernah dijual sepanjang masa.

Si hitam manis yang diberi nama La Voiture Noire itu dibanderol seharga US$18,7 juta atau sekitar Rp266 miliar lebih di kurs Rp14.200 per US$1.

Meski harganya selangit, hypercar yang terjual pada perhelatan Pebble Beach Concours D’Elegance di California, Amerika Serikat pada 14 – 17 Agustus 2019 ini ditebus oleh seorang pembeli misterius.

Si empunya yang keberatan untuk di-publish namanya itu, bahkan sudah membeli jauh-jauh hari sebelum La Voiture Noire diproduksi. Rumor menyebut beberapa nama yang diduga kuat sebagai sang pembeli misterius yaitu bintang sepak bola Cristiano Ronaldo dan Ferdinand Piech.

Bugatti memulai proyek La Voiture Noire atau yang berarti the Black Car ini pada tahun 2018, setelah calon pembeli setuju dengan proposal yang diajukan. Kini, meski telah laku terjual, setidaknya perlu waktu hingga dua setengah tahun bagi si pemilik untuk benar-benar bisa mengendarai mobil mewah ini.

Tampilan belakang Bugatti La Voiture Noire – dok.Bugatti

“Kami hanya memproduksi mobil satu kali yang benar, satu unit mobil yang kami sebut otomotif haute couture,” kata Achim Anscheidt, Direktur Desain Bugatti, seperti yang dikutip CNBC.

Kehadiran the Black Car merupakan wujud penghormatan kepada desain art deco Tipe 57SC Atlantic, salah satu mobil klasik yang paling didambakan di dunia. Dirancang pada tahun 1934 oleh Jean Bugatti, putra tertua pendiri perusahaan Ettore Bugatti, dan hanya diproduksi sebanyak empat unit.

Tiga unit hingga saat ini masih tersimpan dengan baik, sedangkan satu lainnya hilang dalam Perang Dunia II. Diperkirakan jika mobil itu ditemukan hari ini, nilainya mencapai US$ 100 juta atau sekitar Rp14,2 miliar.

“Bukan hanya sekadar mobil, itu benar-benar lebih seperti sebuah karya seni sejalan dengan mode yang sangat eksklusif dan merek-merek mewah di Prancis,” imbuh Anscheidt.

Si hitam manis Bugatti La Voiture Noire – dok.Bugatti

Hanya satu unit
Bugatti La Voiture Noire sendiri pernah dipamerkan dalam pameran otomotif “89th Geneva International Motor Show” pada bulan Maret tahun ini. Mobil yang sama, yang nantinya akan dibawa pulang oleh pembeli misterius karena Bugatti hanya memproduksi satu unit mobil mewah ini.

Mobil ini dibangun dengan lapisan bodywork serat karbon mengkilap, yang menjadikannya sangat ringan. Tidak seperti mobil konvensional lainnya, bemper the Black Car dibuat terintegrasi dengan bagian dalam mobil.

Sementara jendela didesian terinspirasi dari pelindung helm, yaitu membentuk kaca depan mengalir segaris menyatu hingga menjadi bagian pintu samping.

Bagian mesinnya tidak mendapat perubahan karena masih menggunakan mesin Watt quad-turbo 8,0 liter Bugatti. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 1.479 hp dengan torsi 1.600 Nm.

Bugatti La Voiture Noire – dok.Bugatti

Untuk desain interior sendiri, Bugatti memberi kebebasan kepada si pemilik misterius berkolaborasi dengan designer mereka, untuk mewujudkan desain sesuai keinginannya.

“Mengenai interior, kami ingin memastikan pelanggan yang memutuskan untuk membeli mobil itu benar-benar dapat menciptakan interior dengan semangatnya sendiri,” kata Anscheidt.

“Jadi, desainer kami bekerja sama dengan pelanggan untuk membuat interior itu hanya 100% seperti yang dia inginkan,” pungkasnya. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This