Laku Keras, Honda Poles Tampilan Empat Moge Ini

Laku Keras, Honda Poles Tampilan Empat Moge Ini
Varian warna baru Honda CMX500 Rebel diluncurkan - dok.Motoris

Jakarta, Motoris– PT Astra Honda Motor (AHM) terus mengembangkan sayap pemasaran dan penjualan sepeda motor gede (Moge) sehingga di tahun 2018 sudah 10 kota – baik di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi – yang dijamah melalui 11 outlet. Hasilnya pun cukup menggembirakan dengan total penjualan 500 unit sepanjang tahun 2018 itu.

Menurut Marketing Director PT AHM, Thomas Wijaya, data penualan internal perusahaannya menunjukan, dari 500 unit yang terlego di tahun 2018 lalu, 60-70% merupakan moge tertampang retro classic Honda CMX500 Rebel.

“Yang kedua (terlaris) adalah Honda CB500X , yakni sebesar 13%-15% (dari total penjualan). Yang lain hampir rata, sedangkan CB650R 3%-5%,” tutur Thomas di Hotel Harris, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/2/2019).

Bahkan, Thomas mengaku optimis gairah membeli konsumen di ceruk pasar moge masih akan tetap tinggi. Terlebih di jajaran model moge berpenampilan retro.

Honda CB650R Neo Sport Cafe dibanderol Rp 265 juta OTR Jakarta – dok,Motoris

Pasalnya, tren tampilan retro masih akan terus menggejala, setidaknya dalam rentang 10 tahun ke depan. “Kami melihat berbagai studi yang dilakukan, terutama oleh prinsipal kami, Honda, di Jepang, tren tampilan retro itu masih akan terjadi hingga setidaknya 10 tahun mendatang. Artinya, ini merupakan potensi yang besar,” jelas Thomas yang ditemui di sela peluncuran moge Honda CB650R Neo Sport Café di tempat tersebut.

Bahkan, tren seperti itu tak hanya di kelas moge saja. Di kelas motor kelas di bawah moge pun “virus” retro juga terus menjangkit di kalangan pecinta motor.

Warna baru
Faktor lain yang bisa memantik pasar moge adalah potensi permintaan yang besar di kalangan kelas menengah. Di masyarakat, kini kelompok kelas ini terus bertambah. Bahkan, catatan Bank Dunia yang dilansir lembaga riset dan konsultan pemasaran Boston Business Consulting menyebut ada tambahan 45 juta orang lebih kelas menengah di Tanah Air.

Banyak di antara mereka yang merupakan kelompok transisional menuju moge, namun belum menyentuh moge –moge yang selama ini dikuasai motor asal Amerika Serikat atau Eropa. Ceruk inilah yang dibidik oleh Honda.

Melihat potensi itulah, di sela peluncuran Honda CB650R Neo Café Sport di Bandung itu, AHM juga menggelontorkan varian anyar – yakni pilihan warna baru – di jajaran empat mogenya. Keempatnya adalah, Honda CB500X, Honda CB500F, Honda CBR500R dan Honda CMX500 Rebel. Ini merupakan bagian strategi tancap gas penjualan.

Varian warna baru yang diluncurkan PT AHM 9 Februari 2019 – dok.Motoris

Honda CB500X yang dibanderol Rp158 -163 juta on the road (OTR) Jakarta, kini punya pilihan warna baru Grand Prix Red dan Mat Axis Gray Metallic. Honda CMX 500 Rebel yang berbanderol Rp 163 juta OTR Jakarta ini punya varian kelir Mat Fresco Brown dan Mat Axis Gray Metallic menemani varian Millenium Red yang sudah ada.

Kemudian, CB500F diberi tambahan varian warna Mat Gunpowder Black Metallic. Model ini dijual dengan harga Rp142 – 147 juta OTR Jakarta. Dan Honda CBR500R yang yang dibanderol Rp150 – 155 juta OTR Jakarta ini, varian warnanya ditambah dua yakni Grand Prix Red dan Mat Axis Gray Metallic.

Varian warna baru Honda CBR500R diluncurkan – dok.Motoris

Selain itu, Honda juga memoles tampilan CB500X serta CB500F dan CB500X. Walhasil, mereka tampil lebih garang. Sementara perangkat sistem suspensi depan telah disesuaikan untuk perjalanan jarak jauh. Mengimbangi polesan tersebut, ketiganya dibekali pelek 19 inci sehingga ground clearance lebih tinggi. Motor pun lebih tangguh saat melibas berbagai lintasan. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This