Haojue NK150, Jagoan Baru Suzuki di Segmen Adventure

Haojue NK150, Jagoan Baru Suzuki di Segmen Adventure
Haojue NK150 yang diperkirakan cikal bakal Suzuki DR150 motor dual purpose atau motor dua alam Suzuki dari Suzuki - dok.soho.com

Guandong, Motoris – Suzuki Motors diketahui tengah menyiapkan motor adventure 150 cc yang diperkirakan menjadi cikal bakal Suzuki DR150. Motor yang masih bernama NK150 itu dikembangkan bersama mitranya di Jiangmen, Guandong, Cina, Haojue.

Seperti dilaporkan laman Sino Auto, Soho, dan Xiaobian, Jumat (15/3/2019), Haojue telah memperkenalkan NK 150 ke publik dunia, di ajang China International Motorcycle Industry Expo pada April tahun 2018 lalu. Dari hajatan itulah kemudian banyak yang meyakini NK15 merupakan motor dual purpose, Suzuki DR150.

Tak banyak informasi soal strategi pemasaran dari motor ini, karena pihak Haojue sendiri juga belum bersedia membeberkannya. Informasi yang diberikan hanya seputar spesifikasi dari “kuda besi” itu.

Dari data resmi yang disajikan pabrikan terlihat, motor ini mengusung mesin SOHC 2 valve bependingin udara, satu silinder 4 tak, dengan kubikasi 149 cc. Tenaga yang disemburkan mesin mencapai 12,2 hp pada putaran mesin 7.500 rpm.

Mesin Haojue NK15 motor dual purpose yang diperkirkan sebagai cikal bakal DR150 – dok.Soho.com

Sedangkan torsinya mencapai 12,7 Nm pada 6.000 rpm. Tenaga dan torsi ini disalurkan ke roda dengan transmisi manual 6 tingkat percepatan.

Motor dengan dimensi panjang 2.070 milimeter (mm), lebar 825 mm, dan tinggi 1.165 mm ini memiliki jarak as roda 1.360 mm, dan berbobot basah 137 kilogram dengan kapasitas tangki bahan bakar 12,2 liter. Ketinggian joknya 839 mm.

Haojue melengkapinya denga suspensi depan stroke 180 mm yang memang cocok untuk melahap medan berat dan suspensi belakang monoshock. Sistem pengeremannya – di bagian roda depan – menggunakan cakram 240 mm dengan kaliper piston ganda, dan rem belakang tromol.

Sentuhan kekinian terlihat dashboard. Instrumen cluster telah menggunakan digital LCD. Tak hanya informasi soal kecepatan laju saja yang tersaji, tetapi juga putaran mesin, jarak tempuh, posisi gear, hingga lampu indikator lainnya.

Spidometer telah menggunakan teknologi full digital – dok.Momo Motorbike

Pada bagian belakang lampu rem menggunakan bohlam. Begitu pula lampu seinnya. Fender belakang mengadopsi gaya desain menggantung dengan end muffler.

Lantas akankah, motor ini juga bakal diboyong ke Indonesia mengingat para pesaing juga terus berusaha mencuil “kue” pasar motor adventure? Kolega Motoris di PT Suzuki Indomobil Sals (SIS) Roda Dua menyebut tak menutup kemungkinan hal itu terjadi.

“Tentu kami juga ingin menggarap semua segmen, termasuk segmen motor dual purpose. Sekarang tengah dipelajari,” ucapnya saat dihubungi Senin (18/3/2019). (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS