IRC Mau Bangun Pabrik Baru di RI

IRC Mau Bangun Pabrik Baru di RI
Stan IRC di pameran IIMS. (irctire.co.id)

Jakarta, Motoris – PT Gajah Tunggal Tbk (GT) dan Inoue Rubber Co Ltd (IRC) mendirikan PT IRC Gajah Tunggal Manufacturing Indonesia, yang bergerak di bidang manufaktur ban sepeda motor. Tahap awal, perusahaan patungan (joint venture/JV) itu bakal mengucurkan investasi Rp 270 miliar.

Dugaan Motoris, JV itu bakal membangun pabrik ban baru IRC di Indonesia. Selama ini, GT memproduksi ban merek itu, dengan lisensi dan dukungan teknis dari IRC Jepang selaku prinsipal. Kapasitas produksi terpasang ban sepeda motor GT mencapai 95 ribu unit per tahun, berdasarkan laman GT.

Dalam keterbukaan informasi melalui situs Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (2/2), GT akan menyetor 50% atau Rp 135 miliar dari total kebutuhan investasi JV itu. GT memastikan, IRC bukan merupakan perusahaan afiliasi perseroan.

Tahun lalu, penjualan sepeda motor domestik mencapai 5.886.103 unit, turun 0,7% dari 2016 sebanyak 5.931.285 unit. Jumlah itu sedikit di bawah target yang dipatok Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sebanyak 5,9 juta unit. Tahun ini, AISI menargetkan penjualan motor domestik berkisar 6-6,1 juta unit. Target ini realistis, jika melihat kondisi penjualan yang mulai stabil semester II-2017. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This