Membuktikan Janji All New Santa Fe di GIIAS

Membuktikan Janji All New Santa Fe di GIIAS

Revo Pradana, reporter Motoris tengah mencoba driving position All New Hyundai Santa Fe - dok.Motoris

Tangerang, Motoris – PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) meluncurkan All New Hyundai Santa Fe di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang, dengan klaim sederet kenyamanan dan keamanan disuguhkan. Bahkan, tampilan eksterior dan interiornya pun baru.

Versi terbaru All new Hyundai Santa Fe ini dibanderol bervariasi. Untuk tipe GLS berbahan bakar bensin dihargai Rp 499 juta.

Sedangkan varian CRDi Diesel berbanderol Rp 549 juta. Sementara untuk tipe XG bensin dihargai Rp 520 – 569 juta. Untuk membuktikan klaim itu, Motoris berkesempatan melakukan uji jalan atau tes drive di area ICE, BSD City, beberapa hari lalu. Berikut beberapa fakta yang terekam oleh Motoris:

Eksterior
Secara tampilan, eksterior SUV 7 seaters asal Korea ini cukup menggoda. Gaya desainnya cukup agresif dengan garis garis tegas di sekujur bodi. Penempatan lampu LED yang menyambung dengan lampu sein dan foglamp di bumper membuat parasnya terlihat tampan.

Tampilan bagian buritan juga oke. Penempatan lampu LED DRL pada posisi yang tepat menjadikannya bagian ini enak dilihat. Kesan macho mencuat kuat.

Baca juga: Waduh, Hyundai Minta Lahan Gratis ke Pemerintah Jokowi

Tampilan eksterior All New Hyundai Santa Fe – dok.Motoris

Interior
Kesan modern dan elegan kabin SUV berpanjang 4.770mm ( + 70mm ), lebar 1.980mm ( +10mm ), dan tinggi 1.680mm itu terasa ketika kita masuk ke dalam kabin. Bahan yang soft touch di permukaan kabin membuat kesan itu menonjol.

Kemudahan kepada pengemudi juga sangat diperhatikan oleh Hyundai. Terbukti, penempatan yang pas dan bentuk speedometer yang proporsi didukung teknologi digital yang lebih dari cukup.

Fitur sunroof dan panoramic roof yang menjalar sampai ke bangku penumpang menjadaikan aura mewah mengalir. Sementara driving position, mobil ini sangat nyaman, bahkan terasa seperti mengemudikan sedan premium dan mobil ini nyaris tidak mempunyai blind spot.

Baca juga: Hyundai Pusing Mikir Harga H-1 Terbaru karena Dollar

Bahan soft touch di dashboard memberikan kesan elegan – dok.Motoris

Hanya sayang, head unit masih menggunakan MID biasa dan belum touch screen. Kebetulan, Santa Fe yang dicoba Motoris, bermesin diesel varian XG.

Performa
Di segi performa, mobil yang kami test ini miliki jantung mesin 2.200 CRDi e-VGT dengan transmisi otomatis 8 percepatan shiftronic. Saat kami matikan traction controlnya, mobil ini mempunya torsi yang cukup besar.

Alhasil, badan sedikit terhentak ke belakang jok. Namun saat mengerem, proses pengereman terasa begitu sempurna. Akselerasi terasa cukup oke untuk SUV bermesin diesel bermesin sebesar itu. Entakan torsinya pun sudah terasa meski mesin masih menunjukan di putaran bawah.

Ilustrasi, speedometer All New Hyundai Santa Fe – dok.Motoris

Suspensi keras
Satu lagi catatan Motoris adalah soal suspense. Ketika mobil diajak melibas obstacle speed bump, terasa kerasnya suspense. Meski begitu, hal tersebut tak mengurangi rasa kenyamanan di dalam mobil ini.

Catatan lainnya fitur baru yaitu electronic parking brake yang disusupi dengan fitur autohold menjadi peranti yang sangat membantu. Meski tak bisa mendemonstarsikan kinerja perangkat itu – karena lintasan tes yang berupa jalan datar – tapi bisa diyakini alat itu bisa membantu pengemudi yang lelah menginjak pedal rem pada saat di tanjakan karena macet. (Rev)

FOLLOW IG @motorisindonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya. All New Hyundai Santa Fe Tampil Karismatik di GIIAS.

CATEGORIES
TAGS
Share This