Anggota Baru Keluarga CB Lahir, Jauh Lebih Ganteng dari Bikinan AHM

Anggota Baru Keluarga CB Lahir, Jauh Lebih Ganteng dari Bikinan AHM
Honda CB650R Sport Cafe 2019 - dok.Ultimatemotorcycling

Milan, Motoris – Honda menampilkan cafe racer CB650R 2019 di ajang EICMA, Milan, Italia. Motor ini merupakan penerus CB650F 2017, yang bentuknya biasa saja.

Terus terang, tongkrongan motor ini keren banget. Mohon maaf, motor ini beda kelas dengan cafe racer bengkel rumahan. Selain itu, membandingkan motor ini dengan CB150R juga bagaikan bumi dan langit. Ya wajar saja, mengingat CB650R motor global, yang harganya pasti sangat jauh di atas bikinan PT Astra Honda Motor (AHM).

Seperti dilansir Ultimatemotorcycling.com, Rabu (7/11/2018), motor ini bukan hanya keren, tapi juga lebih canggih dari si jadul CB650F. Suspensi depan memakai Showa SFF yang lebih ringan dan rigid. Pengereman juga diubah dari dua piston kaliper di ujung cakram menjadi empat piston kaliper radial mounting yang menempel hingga tengah cakram 320 mm.

Honda juga mengeset ulang mesin DOHC, empat silinder segaris, bersama intake dan exhaust. Tak puas dengan itu, cam timing 16 klep juga diubah bersamaan dengan penaikan kompresi menjadi 11,6:1.

Baca juga: Honda Forza 250 Laris, Sayang Pengiriman Molor

Tampilan belakang Honda CB650R Sport Cafe – dok.Ultimatemotorcycling

“Hasilnya, tenaga puncak bertambah dan lebih halus, serta torsi lebih galak di putaran tengah,” tulis media itu.

Soal gaya, CB65OR memakai lampu depan LED dan panel instrumen LCD dari CB1000R. Peleknya lebih tradisional dibanding pendahulunya, yakni straight spoke dari tadinya swirling spokes.

CB650R juga lebih ringan dari pendahulunya, berkat ukuran tangki bensin yang lebih kecil, segitiga baru, dan suspensi Showa SFF.

CB650R ABS lebih mahal US$450 dari kakaknya, sedangkan non-ABS lebih mahal US$ 650. Motor ini bakal dijual selepas April 2019. (Gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS