Toyota Supra Akhirnya Lahir, Berjejal Mesin Straight Six Twin-Turbo

Toyota Supra Akhirnya Lahir, Berjejal Mesin Straight Six Twin-Turbo
Akhirnya Toyota resmi meluncurkan mobil sport ikonik, Supra 2020, di Detroit Auto Show 2019. dok. Motor1.com

Detroit, Motoris – Akhirnya penantian itu berakhir. Toyota resmi meluncurkan generasi kelima mobil sport Supra 2020 di ajang Detroit Auto Show 2019, Senin (14/1/2019). Toyota Supra tampil mengensankan berjejal mesin 6 silinder segaris (straight six) turbo ganda menjanjikan sensasi berkendara bagi penggemar balap.

Butuh 12 tahun bagi Toyota untuk akhirnya melepas All New Supra, setelah petunjuk pertama diperkenalkan melalui konsep FT-HS pada 2007 lalu. Toyota Supra berkode A90 ini merupakan generasi kelima setelah model ikonik MK4 yang dipasarkan pada 1994.

Dari penampilannya, Supra baru terlihat segar dengan sentuhan berbagai fitur kekinian, meskipun mencoba tetap menjaga aura mobil sport ikonik di era 1990-an. Desainnya memang mirip dengan konsep FT-1 yang sudah lebih dulu diperkenalkan Toyota. Mungkin setelah melakukan survei, desain ini yang dianggap paling cocok buat diproduksi massal.

Lekukan bodi sedan kupe dua penumpang ini menawarkan eksotisme, banyak tarikan melengkung di sekujur bodinya. Lampu depan dengan ujung menyempit, airdam ekstra besar, dan spoiler kecil yang manis berbentuk sirip pesawat, membuatnya enak dipandang. Ganteng juga!

Baca juga: Seksinya Suara Mesin 6-Silinder ‘All New’ Toyota Supra

Interior Toyota Supra 2020, terlihat sederhana tapi terasa sangat mewah. dok Motor1.com

Interiornya, di sisi lain, menawarkan simplisitas, sederhana, tapi mewah, dan terasa lumayan canggih. Pada varian termewah, Toyota membekali Supra dengan infotainment layar sentuh 8,8 inci. Kemampuannya mulai dari navigasi, Apple CarPlay, ditopang speaker 12 titik JBL, Supra Connect telematics service, termasuk ada head-up-display. Tuas transmisinya sudah modern, mirip mobil hybrid Toyota  atau BMW i-series. Baik interior dan kedua jok sudah berbalut kulit dan dilengkapi penghangat.

Pilihan mesin, Toyota berbagi teknologi dengan BMW Z4, yakni 3.0 liter, 6-silinder segaris, dengan turbo ganda, berpadu dengan transmisi 8-percepatan otomatis ekslusif yang diciptakan untuk mobil legendaris ini. Tenaganya diklaim mencapai 335 hp dan torsi 494,8 Nm. Angka ini lebih kecil ketimbang Z4 yang punya tenaga 382 hp dan torsi 500,2 Nm. Buat ngegas 0-100 kpj diklaim butuh waktu 4,1 detik dengan limiter speed 155 mph atau 249,4 kpj.

Selain mesin enam silinder di atas, Toyota juga memberikan pilihan dua pilihan mesin 2.0L 4 silinder segaris dengan twin turbocharger. Dua pilihan settingan ini membuat mesin ini menghasilkan tenaga 258 ps yang cocok untuk merasakan aura sport dan 187 ps untuk berkendara harian. Di Jepang, Supra punya tambahan label, yakni RZ (enam silinder), SZ-R dan SZ (empat silinder).

Baca juga: Innova Berjantung Toyota Supra, Bikin Orang Terpana

Toyota Supra berbagi mesin dengan BMW Z4, 3.0 liter, 6-silinder, turbo ganda. dok. Motor1.com

Akio Toyoda, Presiden Direktur Toyota Motor Corporation yang hadir dalam prosesi peluncuran, mengatakan, Supra merupakan salah satu model ikonik yang punya sejarah kental dengan hidupnya. Mengendarai Supra lawas di Nurburgring, merupakan salah satu upaya yang dilakukan Toyota demi meraih status master driver.

“Supra seperti teman lama dan punya tempat khusus di hati saya. Di saat pabrikan lain menghadirkan prototipe kendaraan sport yang menarik, saya selalu berkendara dengan Supra lawas saya. Diam-diam saya ingin Supra kembali lahir. GR Supra lahir dari serangkaian tes di sirkuit Nurburgring dan saya akui mobil ini terlahir lebih baik,” ucap Presiden Toyota, Akio Toyoda dalam keterangan resmi, Senin (14/1/2019).

Toyota mulai memasarkan Supra 2020 (A90) dengan banderol, mulai US$ 49.990  atau Rp 700 jutaan. Dengan harga segini, sepertinya jangan kaget kalau bakal banyak Supra seliweran di Indonesia nantinya. (sna)

Sumber: Motor1.com

Akio Toyoda menghadiri langsung kelahiran generasi terbaru Toyota Supra di Detroit Auto Show 2019. dok. Motor1.com

 

CATEGORIES
TAGS
Share This