Hyundai Tucson Baru, Sudah Lebih Baik Tapi Perlu Perbaikan

Hyundai Tucson Baru, Sudah Lebih Baik Tapi Perlu Perbaikan
Hyundai Tucson model 2019 - dok. The Car Connection

New York, Motoris – Majalah dengan spesialisasi menealaah dan menganalisa semua produk sebagai acuan bagi konsumen, terbitan Amerika Serikat – Consumer Reports – telah melakukan penilaian terhadap SUV Hyundai Tucson versi “penyegaran” yang diluncurkan tahun 2018 lalu. Hasilnya, majalah yang terbit sejak 1936 itu menyimpulkan Tucson versi anyar itu memang lebih bagus dari sebelumnya, tetapi perlu perbaikan lagi.

Seperti dilaporkan di situs resmi Consumerreports.org dan laman Carscoops, Jumat (22/3/2019), majalah yang diklaim memiliki 7,3 juta pelanggan itu menyebut Hyundai telah melakukan penyegaran baik dari tampilan maupun teknis terhadap SUV Tucson. “Ini dilakukan demi menjaga daya saing hingga generasi terbaru (Hyundai Tucson) lahir di tahun 2020 nanti,” tulis majalah itu.

Pada bagian eksterior, ubahan terlihat pada lamu utama yang direcisi dengan intensitas pencahayaan yang lebih bagus. Begitu pun dengan tampilan grill dan bagian depan mobil secara keseluruhan.

Sementara, di interior, penyegaran terlihat nyata dengan hadirnya Android Auto dan Apple CarPlay yang diintegrasikan ke sistem perangkat hiburan berukuran 7 inci. Namun, ubahan yang terbesar di sektor jantung mekanis.

Hyundai Tucson versi penyegaran ini tak lagi mengusung mesin 1.6 liter turbocharged bertenaga 175 hp. Hyundai telah menggesernya dan menggantinya dengan mesin 2.4 liter yang bertenaga 181 hp dengan transmisi otomasis 6 tingkat percepatan.

Hyundai Tucson model 2019 – dok.Consumer Reports

Selain itu, para penilai juga memberi nilai plus terhadap perangkat pengontrol iklim otomatis dua zona, kursi depan yang disertai fitur penghangat di kala cuaca dingin, hingga kaca spion samping, dan kontrol kecepatan yang adaptif. Pintu yang besar dan memberi akses keluar masuk juga menjadi nilai lebih.

Hanya, satu catatan penting dibubuhkan oleh para penilai dari majalah tersebut. Bunyinya, dengan ubahan yang dimaksudkan untuk menjadi lebih baik itu, ternyata tampilannya masih kalah sporty dibanding pesaing. Setidaknya tidak se-sporty Mazda CX-5.

“Tetapi masa ada waktu dan ruang bagi Hyundai untuk melakukan perbaikan (di versi baru selanjutnya,” saran Consumer Reports. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This