Roadtrip ke Cirebon, Buktikan Ertiga Mobil Keluarga Sebenarnya

Roadtrip ke Cirebon, Buktikan Ertiga Mobil Keluarga Sebenarnya
Peserta All New Ertiga Tripventure menyambangi Keraton Kasepuhan Cirebon - dok.Motoris

Cirebon, Motoris – Bepergian sekeluarga dengan perjalanan darat atau menggunakan mobil (roadtrip) kini menjadi tren di masyarakat. Tentu, dalam aktifitas seperti itu, faktor kenyamanan dan keiritan konsumsi bahan bakar (BBM) mobil menjadi pertimbangan utama.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang memiliki MPV dengan karakter seperti itu – yakni Suzuki All New Ertiga – memberikan bukti soal keandalan, kenyamanan, sekaligus keiritan konsumsi BBM jagoannya itu. “Suzuki All New Ertiga merupakan mobil keluarga yang menerapkan konsep AMIN yaitu Aman, Mewah, Irit dan Nyaman,” ungkap 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra, di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (27/8/2019).

Konsep ini, lanjut Donny, diwujudkan melalui penyematan serangkaian fitur yang tidak hanya menyokong hadirnya kenyamanan dan keamanan perjalanan, tetapi juga kehematan konsumsi BBM Low MPV tersebut. Sekadar catatan, tingkat emisi dan konsumsi BBM mobil ini pertengahan tahun 2018 lalu pernah dites Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP) dengan menggunakan metode statik.

Para peserta All New Ertiga Tripventure juga bisa menggunakan metode berkendara Eco Driving untuk memaksimalkan keiritan konsumsi BBM All New Ertiga – dok.Motoris

Hasilnya, menunjukan konsumsi BBM Ertiga anyar berttransmisi otomatis 16,73 km per liter (kpl) dan tipe transmisi manual 18,09 km per liter. “Tetapi, ini uji static, artinya mobil tidak dijalankan. Oleh karena itu, kami juga melakukan uji dengan mengajak teman-teman media melakukan pengetesan dengan mengemudikannya. Ada yang hasilnya, 27 kilometer per liter,” tutur Head of 4W Brand Development and Marketing Research, Harold Donnel, beberpa waktu lalu.

Kembali diuji ke Cirebon
Kini, dalam rangkaian kegiatan “All New Ertiga Tripventure”, PT SIS mengajak para jurnalis untuk kembali membuktikan konsumsi BBM Ertiga itu. Dengan menempuh perjalanan sejauh 184 kilometer dari pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat ke Keraton Kasepuha, Cirebon, konsumsi BBM mobil yang dikemudikan awak media itu dinilai.

Dengan metode full-to-full dan para peserta – yakni awak media – bisa memilih berkendara dengan metode Eco Driving. Metode ini adalah metode berkendara secara tepat, yakni menjaga kecepatan secara konstan, tidak terlalu sering injak pedal gas atau rem, menggunakan AC secara tepat, serta tekanan angin ban yang pas sesuai anjuran pabrikan.

“Selain itu, tidak mengangkut beban yang melebihi batasan dari yang direkomendasikan (pabrikan),” ucap Donny.
Karena, pada dasarnya mesin K15B DOHC 1.500 cc merupakan mesin yang dirancang irit BBM. Mesin ini, lebih irit 3,3% dibanding yang diusung Ertiga versi lawas.

Selama perjalanan All New Ertiga Tripventure juga bisa menggunakan metode berkendara Eco Driving untuk memaksimalkan keiritan konsumsi BBM All New Ertiga – dok.Motoris

Ini juga tak lepas dari peran platform baru yang digunakan All New Ertiga – platforam Heartect. Platform ini disebut juga turut menyokong kenyamanan, keamanan, sekaligus keiritan bahan bakar, berkat bobot Ertiga yang susut 50 kilogram dibanding versi lama.

Meski disertai lomba irit konsumsi BBM, namun perjalanan “All New Ertiga Tripventure” ini tetap menarik dan menyenangkan. Penyelenggara mengemasnya seperti sebuah perjalanan wisata keluarga.

Selain mengunjungi Keraton Kasepuhan, para peserta juga diajak bertandang ke di Kampung Batik Trusmi, sebuah pusat industri batik di Cirebon. Kampung ini memang layak disambangi mengingat Batik Cirebon merupakan salah satu ikon batik yang berhasil menjadi koleksi kain nasional.

Proses pembuatan kain batik ini memiliki desain Cirebonan Klasik yang hingga kini masih dikerjakan oleh pengrajin di sejumlah kampung batik. Kampung-kampung itu adalah Mega Mendung, Paksinaga Liman, Patran Keris, dan Patran Kangkung. (Lut)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This