Sederet Alasan Mengapa Pilih Toyota Kijang Innova

Sederet Alasan Mengapa Pilih Toyota Kijang Innova
Ilustrasi, Toyota Kijang Innova, sebuah MPV medium yang multifungsi dan nyaman untuk mendukung kegiatan harian hingga liburan- dok.Toyota

Jakarta, Motoris – Toyota Kijang Innova merupakan mobil keluarga serbaguna (Multi Purpose Vehicle/MPV) yang digemari masyarakat dan menjadi kebanggaan para pemiliknya di Indonesia.

Tak sedikit dari pengguna mobil ini tergolong “loyalis” turun temurun dari generasi ke generasi. Karakter mobil keluarga yang sesuai dengan tradisi, kebutuhan, serta harapan masyarakat adalah alasan yang mendasari pilihan mereka.

“Saya dan keluarga, menggunakan (Toyota Kijang) Innova sejak generasi pertama MPV ini meluncur di Indonesia hingga saat ini,” tutur Ketua Harian Innova Community, Fransisca FA saat ditemui di sela Toyota Jamboree 2019, di Econvention Ancol, Jakarta, Minggu (17/11/2019) lalu.

Kabin yang lega, gaya desain yang selalalu menarik di masanya, performa yang mumpuni, hingga multifungsi sebagai kendaraan harian ke kantor, bertemu dengan kolega, hingga liburan adalah sederet alasan yang disodorkan perempuan yang akrab disapa Sisca itu.

“Kabin yang lapang atau lega, itu sangat berarti bagi masyarakat Indonesia. Karena secara budaya, masyarakat kita itu sangat mengedepankan nilai-nilai kekerabatan atau kekeluargaan. Masyarakat sering bepergian bersama keluarga, teman, atau kolega dalam satu mobil menuju suatu tempat untuk berbagai kepentingan. Bercengkerama, berbagi cerita, selama perjalanan menambah keakraban dan rasa kekeluargaan. Ini ciri khas masyarakat kita. Tentu mobil dengan kabin luas akan menjadi pilihan,” ujar Sisca.

Baca juga: Segera Hadir di India, Innova Versi Anyar Juga Meluncur di RI?

Ilustrasi, Toyota Kijang Innova, dirancang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Mulai dari tampilan, ketangguhan, kenyamanan dan keamanan, hingga biaya perjalanan yang sesuai harapan masyarakat – dok.Toyota

Dwi Jalesviva Armada, seorang Site Manager perusahaan kontraktor yang berkantor di kawasan Cawang, Jakarta Timur mengungkapkan  alasan senada. Dia mengaku memilih Toyota Kijang Innova – seperti ayahnya – dengan alasan yang serupa dengan Sisca.

“(Toyota Kijang Innova) memberi sebuah jawaban bagi saya yang membutuhkan kendaraan yang kabinnya luas, nyaman, bandel, enggak boros. Bisa dipakai mulai dari antar anak atau istri berbelanja, ke kantor, sampai dibawa untuk kondangan pun enggak malu-maluin,” ujar Viva saat bertemu Motoris di sebuah tempat nongkrong di Tebet Indah Square, Jakarta, Senin (18/11/2019) petang.

Nyaman untuk perjalanan jauh
Faktanya, Toyota Kijang Innova memang mengakomodasi kebutuhan ruang bagi penumpang. Ruang selonjoran kaki atau legroom di kursi baris kedua dan ketiga cukup leluasa.

Bahkan, penumpang di deret kursi paling belakang tidak perlu meminta penumpang di deret kursi tengah memajukan kursinya agar kaki terasa leluasa. Posisi duduk penumpang di jok baris ketiga juga tak gampang bikin capek.

Ketinggian bagian bawah jok cukup nyaman bagi penumpang untuk menggantungkan kaki. Tentu, kondisi seperti ini sangat dibutuhkan bagi semua penumpang di saat perjalanan jauh.

Baca juga: Kijang Pikap Doyok, Ganteng-ganteng Retro

Tes Drive Toyota Kijang Innova – dok.Toyota

Bahkan, soal sepele – namun sangat dibutuhkan, yakni tempat menaruh botol atau gelas minuman alias cup holder – di Toyota Kijang Innova juga memiliki keunggulan. Toyota menyediakan cup holder di semua baris kursi.

Keunggulan yang tersaji juga bisa dilihat dari kapasitas bagasi. Jok MPV ini bisa dilipat-lipat sesuai kebutuhan. Jok baris ketiga bisa dilipat 50:50, dan baris kedua dilipat 60:40.

Selain kabin yang lapang dan bagasi yang fleksibel dengan kapasitas muat yang besar, tingkat kekedapan atau kesenyapan yang ruang pun lumayan tinggi.

Kelas Menengah 
Baik Viva maupun Sisca mengakui Toyota Kijang Innova merupakan MPV yang mewakili kebutuhan dan harapan kelas menengah Indonesia dengan tidak meninggalkan akar budaya yang menjunjung tinggi nilai-nilai kekerabatan.
Tampilannya yang terus dikembangkan sesuai dengan tren yang ada di masyarakat – sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2004 – merepresentasikan gaya hidup masyarakat kelas menengah yang

“Yang saya rasakan, fitur-fiturnya juga oke. Selalu mengikuti perkembangan tren yang terjadi. Dan saya kira itu yang menjadikan (Toyota Kijang) Innova terus memiliki daya tarik bagi masyarakat,” sebut Sisca.

Viva Armada mengamini alasan Sisca. Menurut mereka tak hanya tampilan – baik di eksterior maupun interior saja – yang terus dikembangkan sesuai perkembangan tren, tetapi juga fitur penunjang kenyamanan dan keamanan.

“Ya, memang antara satu tipe dengan tipe lainnya, tentu ada perbedaan. Tetapi, secara umum fitur-fitur yang disajikan cukup mewakili keinginan dan kebutuhan,” kata Viva.

Baca juga: Innova Berjantung Toyota Supra, Bikin Orang Terpana

Toyota Kijang Innova – dok.Toyota

Sebagai contoh, Viva menyebut Toyota Kijang Innova 2019 yang lampu utamanya – untuk tipe Q dan V- telah menggunakan LED. Kemudian spion rectractable secara otomatis ( di tipe Q), smart entry key, dan antena berbentuk sirip ikan hiu. “Itu hanya sekadar contoh yang paling sederhana soal tampilan eksterior,” kata dia.

Tak lupa, power outlet atau colokan untuk pengisian ulang baterai gadget juga disematkan di konsol tengah bagian belakang. MPV ini juga dilengkapi perangkat sistem Entertainment terkini dengan layar berukuran 7 inchi.

Sistem ini mampu mengoperasikan audio, video dan radio dalam format AUX, Bluetooth, SD Card, USB Port, hingga Voice Command. “Jadi, kalau kita lihat, fitur-fitur yang ada di (Toyota Kijang) Innova itu selalu sesuai dengan gaya hidup masyarakat,” kata Viva.

Tak hanya fitur kenyamanan saja, fitur keamanan pun juga memenuhi kebutuhan dan harapan para penggunannya. Di antara fitur itu adalah Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Dual SRS Airbags hingga Knee Airbag (yang ada di bangku pengemudi).

Mesin dan Harga Jual Kembali
Aspek lain yang dari Toyota Kijang Innova yang pas dengan kebutuhan dan harapan masyarakat konsumen di segmennya adalah pilihan mesin yang ditawarkan. Ada dua mesin yang disajikan yakni 2.0 Liter dan 2.4 Liter.

Mesin 2.0 Liter tipe 1TR-FE menghasilkan tenaga hingga 139 PS dengan torsi 18.7 Nm. Sedangkan pada tipe diesel 2.4 Liter berkode 2GD-FTV bertenaga hingga 149 PS dengan torsi 34.9 Nm.

Semburan tenaga ini dirasa cukup mumpuni, tetapi tetap irit bahan bakar. Sebuah racikan yang sesuai dengan harapan masyarakat pengguna.

“Karena bagaimana pun tingkat efisiensi bahan bakar itu selalu menjadi pertimbangan utama para pengguna. Sebab, ini bukan semata-mata soal ongkos pembelian bahan bakar, tetapi juga soal kenyamanan perjalanan,” ucap Viva.

Baca juga: Toyota Pertimbangkan Jual Avanza dan Innova Hibrida

Mesin Toyota Kijang Innova – dok.Toyota

Satu hal lagi keuntungan yang bisa diraup saat memiliki Toyota Kijang Innova adalah harga jual kembali yang tak merosot jauh. Ini diakui oleh Fransisca. “Dari pengakuan teman-teman di Innova Community, harga jual kembali (Toyota Kijang) Innova itu selalu stabil. Tentu ini sesuai harapan, bagaimana pun harga jual kembali itu juga menjadi pertimbangan orang saat ingin membeli mobil,” kata dia.

Pemilik showroom mobil bekas Edwin Mobilindo, Tambun, Bekasi Timur, Edi Winarno, sepakat dengan pernyataan Sisca. “Harga mobil bekas Toyota Kijang Innova itu tergolong paling stabil untuk di kelas MPV. Orang-orang yang mencari (pembeli) pun juga cukup banyak. Karena kabin luas, suspensi nyaman, mesin bandel dan irit,  tampilannya menawan. Itu yang menjadikannya disukai pembeli mobil bekas,” ujar dia saat dihubungi, Selasa (19/11/2019). (ADV/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This