Bukti Kalau Toyota Kijang Innova Dicintai Masyarakat Indonesia

Bukti Kalau Toyota Kijang Innova Dicintai Masyarakat Indonesia
Toyota All New Kijang Innova saat diluncurkan pada November 2015 lalu - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Toyota Kijang Innova yang lahir sejak tahun 2004 dan merupakan generasi penerus MPV legendaris Toyota Kijang, terus mendapatkan respons positif dari masyarakat. Hal ini terbukti dari penjualannya yang terus beranjak naik dengan penguasaan pangsa pasar yang mayoritas di segmennya.

Kijang Innova yang tetap berpijak pada DNA Toyota Kijang dan dirancang sebagai mobil keluarga, terbukti mampu memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat. Sebab, Kijang Innova lahir dengan serangkaian pembaruan fitur dan teknologi pendukung kenyamanan dan keamanan kekinian yang dibuat dengan mendengarkan suara masyarakat.

Itulah yang kunci utama keberhasilan MPV medium Toyota itu di pasar kendaraan otomotif nasional. Seperti dijelaskan Deputy General Manager Marketing Planning PT Toyota Astra Motor (TAM), Andri Widiyanto, proses pengembangan Kijang Innova dari masa ke masa atau dari satu generasi ke generasi lain – sejak pertama hadir tahun 2004 sampai sekarang – tak ubahnya sebuah sebuah mata rantai yang terus sambung menyambung.

Karakter dan sifat dasar (DNA) keunggulan generasi sebelumnya – yakni keunggulan Toyota Kijang – masih digunakan, sembari terus disempurnakan. Penyempurnaan itu, kata Andri, tak hanya mempertimbangkan kondisi lingkungan, tren gaya hidup, harapan dan keinginan masyarakat saja, tetapi juga tren perkembangan teknologi paling mutakhir.

Baca juga: Sederet Alasan Mengapa Pilih Toyota Kijang Innova

Bagasi Toyota All New Kijang Innova yang berkapasitas besar menjadi bukti bahwa Toyota merancang mobil sebagai MPV sejati – dok.Motoris

“Masukan masyarakat terus diperhatikan sebagai acuan untuk pembaruan, sehingga lahir Toyota Kijang Innova yang terus memenuhi ekspektasi  (harapan) masyarakat atau pasar. Itulah kunci utama keberhasilan Toyota Kijang Innova terus eksis dan digemari masyarakat. (Kijang) Innova menjadi tak pernah using di tengah terus bergulirnya waktu,” papar Andri saat ditemui di sela acara, Toyota Jambore 2019, di Ancol, Jakarta Utara, belum lama ini.

Fakta pun berbicara. Penjualan MPV ini juga terus mengalir meski pesaing silih berganti hadir. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan hal itu. Jika ditotal sejak awal hadir pada 1977 hingga 2018, dengan nama Toyota Kijang Innova, mobil ini telah terjual lebih dari 2 juta unit.

Penjualan terus meningkat
Data juga menunjukan, peningkatan penjualan dari generasi ke generasi dengan pembeli yang juga telah berganti generasi, ternyata terus terjadi. Ini bisa dilihat dari data yang disajikan asosiasi industri tersebut.

Bahkan, realita menyatakan Toyota Kijang Innova merupakan salah satu ikon produk tersukses yang dirilis Toyota. Sejak pertama kali diproduksi dan dipasarkan di Indonesia pada 2004 hingga Januari 2013, dia telah terjual hingga 459.240 unit.

Tren positif penjualan bahkan terus menggelinding hingga lima tahun berikutnya, meski pasar otomotif nasional mengalami dinamika pasang surut. Lag-lagi fakta berbicara, sepanjang tahun 2018, penjualan MPV ini masih sebanyak 59.630 unit, dengan penguasaan pangsa pasar 90,3% di segmennya.

Baca juga: Soal Value for Money, Kijang Innova Telah Membuktikannya

Toyota All New Kijang Innova – dok.Motoris

Begitu pun 2019 sekarang ini. Data internal PT TAM menunjukan, penjualan Toyota Kijang Innova dari pabrik ke diler (wholesales) sepanjang Januari hingga Oktober lalu mencapai 43.677 unit.

“Dominannya penjualan MPV termasuk Toyota Kijang Innova – baik di internal Toyota maupun di segmen pasarnya secara umum – menegaskan bahwa MPV memang kendaraan yang sangat sesuai dengan masyarakat Indonesia,” tutur Soerjo dalam pesan elektronik beberapa waktu lalu.

Kekuatan brand Kijang Innova
Digdayanya Toyota Kijang Innova di segmen pasar mobil keluarga serbaguna tak terjadi begitu saja. “Tentunya ada faktor-faktor yang dinilai unggul oleh customer, dan itu terbukti. Sehingga, masyarakat semakin percaya dan menentukan pilihannya ke mobil ini,” kata Soerjo.

Pernyataan ini diamini Kepala Riset lembaga konsultan pemasaran Eternity Marketing Ressearch Specialist, Eko Wahyu Utomo. Menurut dia, meski di era digital seperti sekarang banyak informasi yang bertebaran di dunia maya dan agresif mempengaruhi benak calon konsumen, tetapi esensi dari nilai-nilai brand sebuah produk tetap yang utama.

Brand image dari sebuah produk yang berada di top of mind masyarakat, sangat berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam menentukan produk yang akan mereka beli. Termasuk Kijang Innova ini. Nama Kijang yang melegenda sebagai mobil keluarga dengan segala keunggulannya sejak tahun 1977 hingga sekarang, menjadikan nama Kijang Innova berada di top of mind masyarakat, meskipun generasi telah berganti,” tutur Eko kepada Motoris, akhir pekan lalu.

Baca juga: Kisah Kijang Bertahan Selama 40 Tahun

Tes Drive Toyota Kijang Innova – dok.Toyota

Tetapi, agar tetap bercokol di top of mind atau benak masyarakat tentu produk itu harus memiliki keunggulan berupa uniqueness khas dan tak dimiliki para pesaing. Keunggulan bukan sekadar tampilan dan kualitas produk semata, tetapi juga

“Kualitas tampilan, kenyamanan, kecanggihan teknologi, sampai bagaimana men-delivery semua itu dalam wujud manfaatnya bagi pemilik  merupakan uniqueness utama atau menjadi determinant factor (faktor penentu dalam referensi di benak orang). Inilah nilai atau esensi dari sebuah brand yang sebenarnya, meski banyak orang tidak menyadarinya. Kalau harga, menjadi variabel berikutnya,” jelas Eko. (ADV/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This