Toyota GR Supra Lebih Cepat Ketimbang BMW Z4

Toyota GR Supra Lebih Cepat Ketimbang BMW Z4
Ilustrasi, Toyota GR Supra - dok.Hotcars

Nurburg, Motoris – Meski diproduksi di tempat yang sama – yakni di Graz, Austria oleh Magna Steyr atas permintaan BMW AG – dan  menggunakan platform yang sama pula, ternyata antara BMW Z4 dengan Toyota GR Supra memiliki perbedaan. Dalam tes kecepatan di sirkuit Nurburgring, Nurburg, Jerman bagian Barat, mobil sport Toyota itu ternyata lebih cepat dari laju kembarannya itu.

Seperti dilaporkan laman Motor1 dan Hotcars, Selasa (24/12/2019), pengetesan kecepatan Toyota GR Supra anyar ini dilakukan oleh jurnalis legendaris Christian Gebhardt dari Sport Auto. Hasilnya, ternyata mobil ini lebih cepat tiga detik ketimbang BMW Z4, dengan total waktu 7:52,17.

Tahun 2018 lalu, di sirkuit yang sama, Christian telah melakukan tes ecepatan terhadap BMW Z4 versi anyar. Hasil tes Toyota GR Supra itu diunggah langsung dalam video berdurasi 8 menit 39 detik.

Antara Toyota GR Supra dan BMW Z4 yang dites tak ada perbedaan mesin. Dari data spesifikasi teknis yang ada, mesin Toyota GR Supra ini menyemburkan tenaga hingga 340 PS di putaran mesin 5.000 – 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 500 Nm pada 1.600 – 4.500 rpm.

Hasil tes kecepatan di satu putaran yang dilakukan di sirkuit Nurburgring, Jerman – dok.Motor1

Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi otomatis ZF delapan tingkat percepatan. Dengan modal tenaga dan torsi sebesar itu, Toyota GR Supra mampu berakselerasi dari posisi diam atau kecepatan 0 km/jam ke kecepatan 100 km/jam hanya dalam tempo 4,3 detik.

Toyota GR Supra juga dipasarkan di Indonesia dengan banderol Rp1,995 miliar on the road Jakarta. Sebelumnya, PT Toyota Astra Motor meluncurkannya di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Juli lalu.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy menyebut pesanan GR Supra di Indonesia sudah sebanyak 16 unit. Empat unit diantaranya telah dikirim ke pembeli, salah satu pembeli itu adalah pebulu tangkis dunia asal Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon.

Toyota GR Supra hadir di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Demand Toyota GR Supra sangat tinggi. Dan ini tidak hanya terjadi di pasar global saja, tetapi juga di Indonesia. Karena itu, kami telah mengajukan permintaan kuota ke prinsipal (Toyota Motor Corporation) kan tadinya kita diberi (kuota) empat unit (setiap pengajuan), ternyata empat itu sudah terjual,” ujar Anton, di sela test drive Toyota GR Supra di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat, Rabu (20/11/2019) lalu. (Mus/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This