Vespa Elettrica, Penantang Gesits dari Italia

Vespa Elettrica, Penantang Gesits dari Italia

Milan, Motoris – Ketika Indonesia lagi membahana rencana produksi skuter listrik Gesits, besutan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Garansindo, merek kawakan dari Italia seolah menjawab tantangan. Bring it on!

Adalah Vespa, merek ikonik milik Grup Piaggio yang resmi memamerkan Elettrica, skuter listrik versi produksi di ajang Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori (EICMA), Milan, Italia. Salah satu pameran industri sepeda motor terbesar di dunia ini, menjadi tempat buat merek tuan rumah unjuk kebolehan, lewat teknologi ramah lingkungan.

Elettrica pertama kali muncul sebagai konsep di ajang sama pada 2016. Tahun ini, konsep ini sudah menjadi wujud nyata, siap diproduksi massal dan dipasarkan mulai 2018.

Dari tampilan, Elettrica, sebenarnya sama dengan Vespa Primavera yang juga dijual di Indonesia. Tapi, bicara jeroannya, sama sekali berbeda. Piaggio membekali Elettrica dengan motor listrik 2 kilowatt yang mampu menempuh jarak sampai 62 mil atau nyaris 100 km (99,7 km tepatnya). Opsi motor listrik yang lebih bertenaga juga tersedia, yakni 4 kilowatt. Mengcas baterai dari posisi kosong sampai penuh lewat stop kontak rumah, butuh waktu 4 jam.

Baca juga: Generasi Baru Toyota Rush Menyandang Status Baby Fortuner

Selain itu, Elettrica juga punya varian X, yang berteknologi hybrid. Teknologi ini mirip dengan yang dimiliki Nissan Note e-Power. Jadi tetap menggunakan mesin empat tak berkapasitas kecil, berfungsi sebagai generator, menyuplai energi ke baterai. Energi listrik dari baterai yang kemudian menggerakkan motor listrik. Elettrica X ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 126 mil atau 202,7 km ketika tangki bensin terisi penuh.

Sayang, belum ada data spesifikasi lengkap Vespa Elettrica yang dibuka oleh Peugeot untuk umum. Piritan informasi sengaja dilakukan, setidaknya menjelang peluncuran ke pasar, mulai tahun depan. (sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This