Menimbang Toyota Agya, Mobil Pilihan Gaya Hidup Baru Akibat Wabah Corona

Menimbang Toyota Agya, Mobil Pilihan Gaya Hidup Baru Akibat Wabah Corona
Tampilan depan dan sudut kiri depan Toyota New Agya - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Agustus kemarin Low Cost Green Car (LCGC) Astra Toyota Agya (Toyota Agya) terjual ke konsumen sebanyak 8.302 atau 1.038 unit saban bulannya. Sebuah jumlah penjualan yang lumayan, terlebih di saat wabah virus corona (Covid-19) mendera Indonesia.

Namun, jikalau mobil berjenis hatchback itu laris dibeli masyarakat, sangat beralasan. Bukan hanya karena harganya yang bersaing semata, tetapi juga karena kelebihan yang ditawarkan pada saat digunakan, hingga tampilannya yang semakin menawan.

Fakta berbicara, wabah Covid-19 telah mengubah gaya hidup dan tatanan sosial di masyarakat, karena virus yang mematikan itu hingga kini belum bisa dipastikan kapan bakal benar-benar enyah dari muka bumi. Walhasil, gaya hidup secara normal dengan tatanan baru (new normal) pun kini tengah terbentuk dan dijalankan oleh masyarakat.

Tampilan interior depan Toyota New Agya, terlihat tombol pengoperasian volume suara audio yang berada di lingkar kemudi – dok.Motoris

Menjaga jarak dan antisipatif terhadap kemungkinan masih adanya paparan virus menjadi sikap utama, termasuk dalam berkendara atau mobilitas sehari-hari. Sehingga menambah kendaraan keluarga – dengan tujuan untuk tidak menggunakan sarana transportasi umum yang menjadi salah satu tempat kerumunan – menjadi sebuah pilihan.

Namun, solusi seperti ini bukan tanpa persoalan. Anggaran untuk pembelian, tempat penyimpanan (garasi), perawatan, hingga kegunaan saat dijalankan, menjadi pertanyaan yang juga perlu dipikirkan.

Ternyata, jawaban semua persoalan itu ada di Toyota Agya. Sebagai sebuah LCGC, harga Agya masih terbilang terjangkau. Hingga awal September ini, harga mobil yang disuguhkan dalam pilihan mesin bensin 1.0 liter tiga silinder dan 1.2 liter empat silinder ini, dipatok Rp 143,8 juta – Rp 169,29 juta on the road Jakarta.

Bangku baris kedua sudah dilengkapi seatbelat dan ISOFIX. Legroom juga cukup lega – dok.Motoris

Nyaman dan fungsional
Meski terbilang mungil, namun semburan tenaga dan torsi Toyota Agya cukup oke untuk digunakan berkendara dengan melahap jalanan perkotaan maupun luar kota. Mesin varian pertama yakni 1.0 liter tiga sillinder DOHC menyemburkan tenaga hingga 67 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm.

Sementara, varian mesin kedua yakni NR 1.2 liter empat silinder DOHC 16 katup bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 107 Nm di 4.200 rpm. Kedua mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Toyota Agya versi facelift sekarang ini memiliki dimensi panjang 3.660 milimeter (mm), lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm. Sehingga, kabin – untuk lima orang dewasa – cukup terasa nyaman. Terlebih bagasinya juga cukup untuk menampung barang-barang bawaan sehari-hari.

Mesin Toyota New Agya – dok.Motoris

Ruang untuk selonjoran kaki (legroom) bagi penumpang di belakang cukup lega, dan memberi kenyamanan. Aspek kenyamanan perjalanan semakin lengkap dengan hadirnya AC – yang pengoperasiannya menggunakan tombol digital – dan peranti hiburan.

Menariknya untuk pengoperasian peranti hiburan – yakni pengaturan volume suara – cukup melalui tombol yang diletakkan pada lingkar kemudi. Bahkan terdapat Engine Start/Stop untuk menghidupkan dan menonaktifkan mesin, sehingga sangat memudahkan.

Kisi-kisi AC dan layar peranti hiburan di Toyota New Agya – dok.Motoris

Aman dan menawan
Soal keamanan berkendara – kendati merupakan LCGC – namun Toyota Agya mempunyai fitur yang bukan sekadar standar. Dual SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan, serta Seatbelt di setiap jok adalah buktinya.

Bahkan jok belakang juga dilengkapi Isofix untuk memasang carseat atau kursi khusus untuk anak balita. Pada tipe tertinggi, bahkan dilengkapi kamera mundur dan Parking Sensor, Anti-lock Braking system (ABS) serta Electronic Brake distribution (EBD).

Bagasi Toyota New Agya cukup lapang untuk menampung barang-barang bawaan sehari-hari – dok.Motoris

Selain, aman tampilannya pun kian menawan. Bumper depan Toyota Agya versi facelift atau versi anyar kini memiliki lekuk-lekuk tajam, air intake lebih lebar dengan penutup bermotif sarang lebah. Gril depan yang disaput kelir Black Gloss membuat tampilan kian joss.

Lampu utama menggunakan proyektor halogen, dan lampu sein maupun lampu kabut menggunakan tipe bulb. Toyota memberi penyegaran rumah foglamp dengan memperbesar ukurannya, sehingga tampil lebih segar dan agresif. Sedangkan dari samping tampilan terlebih lebih sporty karena kaki-kaki menggunakan velg palang berukuran 14 inci.

Tampilan belakang Toyota New Agya 1.2 liter TRD Transmisi otomatis- dok.Motoris

Dengan sederet keunggulan yang disajikan ini, Toyota Agya layak untuk ditempatkan di urutan teratas bagi Anda yang ingin meminang mobil nyaman, aman, dengan harga yang bersaing. Khususnya di saat penyesuaian diri dengan pola dan gaya hidup baru akibat pandemic Covid-19. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This