Toyota New Agya 1.2 TRD A/T, Bukan LCGC Biasa

Toyota New Agya 1.2 TRD A/T, Bukan LCGC Biasa
Toyota New Agya 1.2 TRD A/T dengan harga terjangkau, kenyamanan lumayan dengan tampilan menawan, serta memiliki fitur keamanan yang cukup layak menjadi pilihan - dok.Motoris

Jakarta, Motoris –Meski berlabel mobil murah ramah lingkungan (LCGC) Toyota New Agya 1.2 TRD patut menjadi prioritas utama bagi Anda yang tengah mencari mobil untuk sarana transportasi keluarga. Pasalnya, mobil ini bukanlah LCGC biasa.

Dengan harga yang terjangkau, New Agya TRD memiliki tampilan, fitur, dan kemampuan yang bukan sekadar rata-rata. Secara kasat mata, tampilan LCGC ini, sekarang jauh lebih bergaya sehingga enak dipandang mata.

Mulai bumper depan yang berlekuk tajam, air intake lebih lebar dengan penutup bermotif sarang lebah, grill berkelir Black Gloss membuat tampilan kian menawan. Lampu utama menggunakan proyektor dan lampu sein maupun lampu kabut menggunakan tipe bulb dengan rumah lampu yang lebih besar mencuatkan gaya kekekinian yang segar dan agresif.

Toyota New Agya berwarna abu-abu- dok.Motoris

Sedangkan dari samping tampilan terlebih lebih sporty karena kaki-kaki menggunkan velg palang berukuran 14 inci yang disaput padu padan dua warna. Tampilan lampu belakang, lampu sein, hingga spoiler belakag juga tak kalah menarik.

Sementara di kabin, jok dengan desain semi bucket, audio steering switch, serta ada Bluetooth connectivity menjadikannya sebagai mobil yang berteknologi yang tak ketinggalan zaman.Pendek kata sederet fitur itu menjadikan Agya tipe ini lebih berkelas.

Tampilan interior depan Toyota New Agya, terlihat tombol pengoperasian volume suara audio yang berada di lingkar kemudi – dok.Motoris

Bahkan, teknologi keyless – fitur yang biasanya ditemukan di mobil dengan banderol di atas Rp 200 jutaan – pun bisa ditemukan di mobil ini. Sehingga, untuk mengaktifkan dan mematikan mesin mobil cukup tombol start/stop engine di dasbor.

Semua jok telah dilengkapi seatbelt, termasuk jok bagian belakang. Dual SRS Airbag telah disematkan. Begitu pun dengan perangkat Antilock Braking System.

Bangku baris kedua sudah dilengkapi seatbelat dan ISOFIX. Legroom juga cukup lega – dok.Motoris

Lincah dan nyaman
Untuk membuktikan seperti apa kenyamanan mobil ini, beberapa waktu lalu Motoris mencoba mengemudikannya di berbagai kondisi jalanan. Situasi dan kondisi jalanan kota yang macet, jalan di luar perkotaan – dengan lintasan sedikit berbatu dan bertanah – hingga jalan tol dilalui dengan Agya 1.2 TRD ini.

Mesin 1.2L NR empat silinder segaris, 16 Katup, DOHC, Dual VVT-i mampu menyemburkan tenaga hingga 88 hp. Sedangkan torsinya mencapai 108 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Istimewanya, letupan tenaga sudah terasa pada putaran mesin 2.000 rpm lebih sedikit. Sehingga, untuk melaju di jalanan perkotaan kita bisa menjaga laju dengan tingkat putaran mesin 2.000 – 2.500 rpm, sehingga efisiensi konsumsi bahan bakar juga terasa.

Mesin Toyota New Agya – dok.Motoris

Jok dengan gaya sporty lebih tebal dan empuk, sehingga duduk di atasnya terasa nyaman di sepanjang perjalanan. Kenyamanan semakin terasa bukan saja karena embusan udara sejak dari AC, tetapi juga alunan musik dari peranti hiburan.

Terlebih, tingkat kekedapan kabin – untuk mobil sekelas dan sejenis – New Agya 1.2 TRD ini di atas rata-rata. Untuk menyalip kendaraan lain, bermanuver, dan melintasi jalanan yang padat lalu-lintas, mobil ini terasa lincah dan cukup menenangkan.

Kisi-kisi AC dan layar peranti hiburan di Toyota New Agya – dok.Motoris

Kemampuan akselerasinya juga terbilang lumayan. Secara kasar – karena kami tidak memiliki alat khusus yang secara akurat mengukur tingkat akselerasi – namun dari perhitungan teman yang mendamingi dalam tes drive, saaat dalam posisi kecepatan 5 kilometer per jam (kpj) ke kecepatan 100 kpj, cukup cepat.

Stabil dan irit BBM
Kenyamanan dan kestabilan saat menikung dalam kecepatan tinggi sekalipun juga oke. Yang kami rasakan minim gejala bodyroll. Pasalnya, kaki-kaki bagian belakang dilengkapi stabilizer, dan suspensinya tidak terlalu keras, meski juga tidak terlalu empuk.

Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya, saat diajak melintasi jalanan kota – dengan kondisi lalu-lintas yang cukup padat mencapai 14 – 15 km.liter. Sedangkan saat digunakan melaju di jalan bebas hambatan atau tol mencapai 18 – 19 km.liter.

Tampilan belakang Toyota New Agya 1.2TRD Transmisi otomatis- dok.Motoris

Dengan sederet keunggulan yang ditawarkan ini, Toyota New Agya 1.2 TRD A/T ini layak untuk menjadi pilihan bagi mereka yang berniat meminang mobil kelas LCGC. Dengan banderol – saat ini – Rp 169.290.000, rasanya sangat sebanding dengan fitur dan kualitas yang diberikan. Karena New Agya .1.2 TRD A/T bukanlah LCGC biasa. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This