Menimbang Wuling Confero S Series, Low MPV Sarat Fitur Keamanan

Menimbang Wuling Confero S Series, Low MPV Sarat Fitur Keamanan
Ilustrasi, Wuling Confero S ACT - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Nama Wuling Confero telah akrab di masyarakat Indonesia sebagai Low MPV dengan banderol yang terjangkau. Namun, jangan salah, meski harganya relatif miring namun fitur-fitur yang diberikan padanya – khususnya fitur pendukung keamanan dan keselamatan berkendara – di atas rata-rata mobil sejenis dan sekelasnya.

Namun, sebelum mencermati apa saja fitur itu, hal lain yang perlu kita ketahui adalah, mobil ini bermesin 1.5 liter empat silinder yang bertenaga 107 hp dengan torsi 142 Nm ini menggunakan sistem penggerak roda belakang. Satu keunggulan yang ditemukan Motoris ketika mengemudikan mobil ini beberapa waktu lalu adalah, kemampuannya ketika melibas lintasan menanjak.

Begitu mudah. Bahkan, ketika gigi transmisi diposisikan pada gigi 2 pun, mobil masih dengan enteng menanjak, tanpa tersengal-sengal atau ngos-ngosan kekurangan tenaga.

Ilustrasi, interior Wuling Confero S ACT – dok.Motoris

Pedal koplingnya pun terasa empuk atau ringan, Sehingga, harus melintasi jalanan macet dengan kondisi lalu-lintas ‘stop and go’ kaki tak merasakan kelelahan karena harus serong-sering menginjak pedal kopling.

Sementara, gaya desain kaca depan dan dashboard yang melandai dan lebar pus posisi duduk yang tinggi, menjadikan pandangan pengemudi ke sekeliling jalan bagian depan mobil terasa lapang. Ini penting,karena bukan hanya menyangkut keamanan berkendara saja, tetapi juga kenyamanan berkendara – khususnya saat berkendara jauh atau macet – karena tak cepat menimbulkan kepenatan psikis.

Soal harga, sangat bersaing. Per 25 September kemarin, daftar harga di situs resmi Wuling Motors Indonesia menunjukkan, Confero S 1.5 C dibanderol 174.500.000, kemudian Confero S 1.5 L MT Rp 188.500.000, dan Confero S 1.5 L ACT dihargai Rp 197.500.000. Semua harga on the road (OTR) Jakarta.

Ilustrasi , mesin Wuling Confero S ACT – dok.Motoris

Sarat fitur keamanan
Wuling Motors sengaja membuat strategi “mempertajam” dua unsur penting dalam amunusi menghadapi ketatnya persaingan di pasar. Keduanya adalah menyematkan banyak fitur keamanan dan kenyamanan, dan harga yang bersaing.

Harga, jelas bisa dilihat dibanding dengan para pesaing. Meski, harus diingat untuk menilai besaran harga yang ada apakah layak atau tidak untuk dipilih, harus dilihat fitur-fitur yang menyertai mobil. Istilahnya, apakah harga mobil tersebut benar-benar mecermintak value for money yang tinggi atau tidak.

Faktanya, Wuling telah menerapkan hal itu di Confero S series ini. Hal itu terlihat pada setiap tipe yang ada.
Confero Tipe S misanya. Kendati tipe terendah, namun joknya telah dibalut lembaran semi kulit. Sedangkan pelenya alloy spoke wheel (pelek berpalang).

Wuling Confero S versi penyegaran yang dipasarkan di Indonesia – dok.Istimewa

Bahkan, roda bagian belakang tipe ini sudah dilengkapi dengan rem cakram untuk meningkatkan efisiensi pengereman yang tinggi. Selain itu, Wuling juga memberinya Rear Parking Camera, dan 2-Points Front Parking Sensor Bumper depan.

Sedangkan tipe tertinggi yakni tipe L transmisi manual (MT) yang berbanderol Rp 197.500.000 dan tipe L transmisi ACT yang dihargai Rp 197.500.000 OTR Jakarta mendapatkan tambahan fitur Rear Disc Brakes, Rear Parking Camera, serta 2-Points Front Parking Sensor.

Dan semua varian tipe yang ada, sudah memiliki fitur Emergency Stop Signal (ESS), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan Electronic Brake-force Distribution (EBD) yang mengatur distribusi gaya pengereman kendaraan sesuai dengan kondisi jalan, kecepatan, dan berat muatan.

Tampilan baru panel di trim pintu pada Wuling Confero S versi penyegaran – dok.Istimewa



Dari seatbelt hingga indikator tekanan angin ban

Selain itu, semunya memiliki 4-Points Rear Parking Sensor, Anti-lock Braking System (ABS), Dual SRS Airbag, serta ISOFIX yang berfungsi untuk mengamankan kursi anak tambahan dalam kendaraan, tersedia pada baris kedua.

Wuling juga memberi mereka Seatbelt hingga kursi baris ketiga, berikut Seatbelt Indicator di dashboard. Tanda peringatan sabuk pengaman pada bagian pengemudi dan penumpang depan yang menyala ketika seatbelt tidak dikenakan saat berkendara.

Sebagai pengaman seluruh penumpang dan pengemudi di saat mobil melaju, ada fitur Auto door lock by Speed. Penguncian pintu akan terjadi secara otomatis pada kecepatan tertentu.

Ilustrasi, Wuling Confero S Edisi Khusus – dok.Istimewa

Sekadar catatan, semua tipe menyajikan pilihan konfigurasi Captain Seat. Sedangkan pilihan transmisinya, manual 5 tingkat percepatan atau transmisi e-clutch enam tingkat percepatan tanpa pedal kopling alias ACT.

So, dengan sederet keunggulan yang ditawarkan ini, Wuling Confero S Series layak untuk masuk dalam daftar pilihan Low MPV yang bakal dipinang. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This