Lamborghini Urus, Banteng Bengis Bertenaga 650 Hp

Lamborghini Urus, Banteng Bengis Bertenaga 650 Hp

Sant’ Agata, Motoris – Akhirnya, setelah sekian lama disiapkan Lamborghini meluncurkan sport utility vehicle (SUV) terbaru, Urus, di Sant’Agata Bolognese, Italia, Selasa (5/12/2017). Banteng bengis ini diklaim sebagai salah satu yang terkuat di kelasnya, berbekal tenaga sampai 650 hp.

Tenaga sebesar itu diperoleh dari mesin 4.0-liter, V8, twin-turbo, dipadu transmisi otomatis 8-percepatan, menyemburkan torsi 850 Nm. Urus bukan SUV banci, karena sudah menggunakan sistem penggerak empat roda (4WD).

Kaki-kai dibuat padat dengan pelek 21 inci dengan adaptive air suspension, cakram carbon ceramic  untuk jaminan pengereman, plus fitur active roll stabilization. Berkat ini, akselerasi 0-100 kpj digapai hanya dalam 3,6 detik, jadi aura merek mobil sport asal Italia ini juga anti-luntur, sampai menyentuh kecepatan puncak 305 kpj.

Interiornya masih terasa eksotis, dengan kesan dasbor tipis, dipadu beberapa ornamen berbentuk hexagonal khas Lambo, seperti pada lubang AC, pegangan pintu, sampai cup holder di antara dua jok depan. Rasa mewah juga terlihat jadi balutan jok kulit premium, alcantara, sentuhan serat karbon, dipadu dengan ornamen kayu di beberapa bagian.

Lambo juga menawarkan tambahan kenyamanan,  termasuk TV tuner, heads-up display, koneksi ponsel, pemanja telinga dari sistem audio Bang & Olufsen dengan 21 speaker berkarakter suara tiga dimensi, dan paket hiburan buat penumpang baris kedua.

Baca juga: Geely Mau Tantang Ferrari

Interior Urus terasa aura sport kental, dengan aksen hexagonal khas Lambo. (Lamborghini)

Desain Urus sebenarnya sudah bukan hal baru untuk dibahas, pasalnya beberapa kali Lamborghini sudah memamerkan versi belum resminya ke publik. Singkatnya, seperti mobil sport dengan tongkrongan tinggi. Seluruh sistem pencahayaan sudah pakai LED, dari depan sampai ke belakang.

Dimensi bodi lumayan besar, dengan panjang 5.112 mm, lebar 2.016 mm, tinggi 1.638 mm, dan sumbu roda 3.002 mm. Bobotnya 2.200 kg, sedikit lebih ringan dari Porsche Cayenne Turbo yang punya paltform sama, MLB EVO.

“Lamborghini itu ibarat batu mulia yang tersembunyi dan dengan tambahan Urus akan melipatgandakan volume, mendekati rival sesama dari Italia, Ferrari,” kata Michael Dean, analis Bloomberg Intelligence, dikutip Bloomberg (5/12/2017). Dean juga yakin, Urus diprediksi bakal mendongkrak keuntungan perusahaan lebih dari 50 persen hingga 2019.

Desainnya eksotis, khas mobil sport Italia. (Lamborghini)

Urus menjadi SUV pertama Lamborghini, setelah model satu genre terakhirnya LM002 diproduksi pada 1993. Lambo baru menjual Urus di beberapa negara, antara lain Amerika Serikat, Eropa, dan China, mulai kuartal pertama 2018. Harganya, dimulai dari US$200.000 atau Rp 2,7 miliar. Kalau berminat, jangan lupa bayar tambahan pajaknya di Indonesia! (sna)

Terdapat berbagai opsi fitur tambahan oleh Labo. (Lamborghini)

CATEGORIES
TAGS
Share This