BMW Main Motor Lagi di Segmen Rp100 Jutaan

BMW Main Motor Lagi di Segmen Rp100 Jutaan

Jakarta, Motoris – BMW Motorrad memulai awal perjalanan 2018 dengan meluncurkan sepeda motor, bermesin tanggung, dengan harga Rp100 jutaan. Motor itu ialah G310GS yang diluncurkan pada Sabtu (20/1/2018) di Bumi Serpong Damai, Tangerang.

G310GS, menurut Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia Joe Frans dalam acara peluncuran, berbanderol Rp125 juta off the road. Motor Rp100 jutaan BMW Motorrad di negeri ini sebelumnya ialah G 310 R, yang tak lain adalah ‘saudara’ beda karakter, plus aksesori.

G310R meluncur pada tahun lalu sebagai naked bike. G310GS sendiri, menurut Joe, ialah motor adventure untuk penggunaan on-road maupun off-road.

“Ini masuk ke segmen di INA (Indonesia) terbilang tidak ada. Mungkin merek tetangga ada yang kemarin meluncurkan juga di segmen ini, cuma kelihatannya mereka tidak terlalu fokus di kelas mesin 300 cc. Struktur pajak 300 cc dan 250 cc memiliki perbedaan harga  cukup signifikan,” kata Joe yang kemungkinan besar menyinggung Honda CRF250 yang mengaspal tahun lalu.

Baca juga: Suzuki Lepas Varian Termurah GSX-R150

BMW Motorrad G310GS meluncur, banderol Rp 125 juta off the road. (BMW Motorrad Indonesia/Motoris)

Dua motor Rp100 jutaan ini memanggul harapan besar BMW Motorrad. Soalnya, ia berharap setidaknya sekitar 70 persen penjualan BMW Motorrad di Indonesia tahun ini disumbangkan keduanya.

Tahun lalu, G310R sendirian berkontribusi sekitar 50 persen dari penjualan mereka yang diklaim Joe berkisar di 200-an unit. Sayang, tidak ada omongan mengenai target pertumbuhan penjualan tahun ini dari merek asal Jerman itu. BMW Motorrad Indonesia memasok G310R secara impor utuh completely built up (CBU) dari India. Motor hasil kolaborasi dengan TVS ini, diproduksi di pabrik merek asal India itu.

Bicara spesifikasi, G310GS bermesin bensin 313 cc DOHC satu silinder, empat tak, empat katup, berpendingin cairan, injeksi elektronik dengan tenaga 34ps atau 33,5 Hp dan torsi 28 Nm. Kepala silinder dibalik 180 derajat demi menyempurnakan kinerja pendinginan mesin. Tenaga disalurkan transmisi manual enam percepatan, kecepatan puncak mencapai 143 kpj.

Ban depan G310GS ialah Metzeler 110/80 R19. Ban belakangnya masih dari merek yang sama, tapi dengan ukuran 150/70 R17. Panjang sumbu rodanya 1.420 mm.

Baca juga: Dua Harley Modifikasi Harumkan Indonesia di Verona, Italia

G310GS diimpor utuh (CBU) dari India, merupakan hasil kolaborasi BMW Motorrad dengan TVS Motor Company. (BMW Motorrad Indonesia/Motoris)

Suspensi upside down 41 mm bercokol di depan. Sementara itu, sektor kaki-kaki di belakang mengandalkan solid die-cast aluminium swingarm, directly hinged monoshock, adjustable preload.

Dibandingkan dengan G310R, swingarm  G310GS lebih panjang. Ground clearance serta travel suspension juga lebih tinggi. Fitur luggage carier, wind protector, sampai ABS yang bisa dinyala-matikan melengkapi identitasnya sebagai motor adventure.

Untuk membantu performa di jalan aspal dan non-aspal, pengereman di ban depan dibantu piringan cakram tunggal berdiameter 300 mm, 4 piston fixed caliper, radially bolted. Di belakangnya, ada piringan cakram tunggal berdiameter 240 mm, single piston floating caliper. (Kuy)

Motoris-IG-BMW G310GS Spesifikasi

CATEGORIES
TAGS
Share This