Skutik Adventure Honda Meluncur Duluan di Malaysia

Honda X-ADV cocok buat kondisi jalan di Indonesia yang belum rata. (Honda)

Kuala Lumpur, Motoris – Boon Siew Honda (BSH) distributor sepeda motor Honda di Malaysia, meluncurkan jejeran sepeda motor gede (moge) untuk 2018. Selain Africa Twin CRF1000L yang juga sudah dipasarkan di Indonesia, Honda memboyong salah satu model menarik lain, yakni X-ADV.

Honda X-ADV merupakan skutik bongsor (maxi) yang dibekali mesin mumpuni, dua silinder 745 cc, berpendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan 54 hp @6.250 rpm dan torsi 67 Nm @4.750 rpm. Kelebihan lainnya, skutik ini juga sudah dibekali teknologi transmisi kopling ganda (dual clutch), sehingga bisa beroperasi layaknya mobil matik atau menaik-turunkan transmisi lewat tuas di setang kiri.

Sesuai namanya, skutik ini memang diciptakan dengan kemampuan menjelajah segala medan, baik on-road maupun off-road. Bodinya lumayan bongsor, dengan dimensi 2.245 mm panjang, 910 mm lebar, dan tinggi 1.375 mm. Bobotnya tercatat 238 kg dengan jarak tempat duduk sampai pijakan kaki ke tanah 820 mm. Ground clearence juga dibuat menunjang karakter off-road, yakni 162 mm.

Kaki-kaki juga mumpuni, dengan suspensi terbalik (upside down) 41mm depan dan Pro-Link dengan Rear Shock Preload Adjustment (belakang). Pelek depan 17 inci, berbalut ban 120/70/R17 dan belakang 15 inci (160/60 R15).

Baca juga: Menanti Manuver Yamaha Lexi 125 di Indonesia

Diimpor utuh (CBU) dari Jepang. (Honda)

Kalau dipasarkan, X-ADV akan bersaing langsung dengan BMW Motorrad C 600 di segmen serupa. Kalau melihat karakter skutik Honda ini juga ideal untuk Indonesia, mengingat kondisi jalan aspal belum rata, berlubang, sampai genangan air (banjir) apalagi musim hujan seperti sekarang.

BSH menyatakan mengimpor skutik adventure ini secara utuh (completelty built up/CBU) dari Jepang. Harganya juga lumayan fantastis, meski belum putus, tapi disebutkan ancer-ancer di bawah 70.000 ringgit alias Rp 243 juta.  (sna)

Sumber: Paultan.org

CATEGORIES
TAGS
Share This