Menimbang Suzuki Next II Vs Honda BeAT

Menimbang Suzuki Next II Vs Honda BeAT

Bogor, Motoris – Setelah mati suri selama dua tahun lebih, skutik entry level Suzuki terlahir kembali. Kali ini, berlabel Suzuki Nex II, model ini diklaim cocok untuk menggaet generasi milenial.

Tapi, Suzuki punya tugas berat karena harus berhadapan dengan pesaing utama, Honda BeAT yang juga berstatus sebagai sepeda motor terlaris di Indonesia.

“Sesuai dengan ubahan yang dilakukan dan sesuai segmen target sasaran, maka konten, pendekatan atau cara mengkomunikasikan Nex II ini juga berbeda dengan versi sebelumnya,” tutur 2W Market Relation Manager PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Banggas Frederick Pardede, di sela acara ulang tahun Forum Wartawan Otomotif di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (12/5/2018).

Menurutnya, generasi ini adalah mereka yang lahir pada era 1980 – 1995 yang kini jumlahnya mencapai 81,27 juta jiwa. Mereka inilah, kata Banggas, yang menjadi sasaran utama.

“Menyadari perkembangan generasi milenial yang ekspresif dan menuntut hal-hal yang unik untuk melengkapi kebutuhannya, maka Suzuki mengahsirkan Nex II ini,” ucap Banggas.

Baca juga: Jualan Jeblos, Kawasaki Dibabat Suzuki

Suzuki mengklaim Suzuki Next II ditujukan sebagai kendaraan para generasi milenial – dok.Motoris

Namun bagaimana faktanya? Terutama jika dibanding dengan kompetitornya, New Honda BeAT paling gres? Kendati mengalami serangkaian ubahan, tetapi masih ada titik minus dibanding sang pesaing.

Nex II masih menggunakan mesin yang sama dengan versi sebelumnya, yakni berkubikasi 113 cc satu silinder. Meski begitu, tenaganya lebih besar 9 hp berkat penggunaan teknologi Suzuki Eco Performance. Tenaga itu lebih besar dibanding New Honda BeAT yang bermesin 108,2 cc.

Sementara dimensinya juga sedikit lebih besar. Pasalnya rangka atau sasis direvisi. Sehingga, wheelbase juga meningkat yakni dari 1235 mm menjadi 1260 mm. Begitu pun dengan ground clearance yang lebih tinggi, yakni 150 mm.

Suzuki juga meningkatkan ukuran ban. Pada bagian depan, yang sebelumnya 70/90-14 kini menjadi 80/90-14. Ban bagian belakang sebelumnya 80/90-14 kini menjadi 90/90-14.

Mengimbangi ubahan itu, kaliper rem depan juga diperbesar. Jika sebelumnya 32 milimeter (mm), kini menjadi 34 mm.

Baca juga: Jurus Nyicil Rp 100 Ribu per Hari Ala Suzuki Ertiga

Cas ponsel
Suzuki juga menyuguhkan teknologi Suzuki Easy Start System sehingga bagi pengguna akan lebih mudah menyalakan mesin. Skutik yang telah menggunakan lampu utama LED ini juga dilengkapi charger port untuk memudahkan pengguna mengecas ponsel.

Fitur ini menjadi nilai plus Next II dibanding Honda BeAT. Pasalnya, di skutik terlaris Honda tersebut , fitur ini tidak ada.

Tapi, meski ada nilai plus yang ditawarkan, namun masih ada beberapa hal yang tertinggal. Misalnya, di tipe tertinggi Honda BeAT versi anyar ada Alternative Current Generator dan teknologi Idling Stop Start.

Ilustrasi proses produksi New Honda BeAT – dok.Istimewa

Skutik tersebut juga dilengkapi sistem pengereman Combi Brake System (CBS). Perangkat ini diklaim dapat membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal.

Honda juga melengkapinya dengan standar samping otomatis (Side Stand Switch). Selain itu ada Parking Brake Lock untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan atau motor tetap dalam kondisi diam ketika berhenti di tanjakan.

Perbedaan lain ada di speedometer. Suzuki Nex II masih menggunakan speedometer analog. Sedangkan BeAT sudah digital. Alhasil, selain lebih menarik juga lebih mudah dibaca, baik indikator kecepatan laju motor, kondisi bahan bakar, maupun penunjuk kilometer jarak yang telah ditempuh.

Sementara, kapasitas tangki bahan bakar BeAT ebih besar yakni 4 liter. Sedangkan Next II 3,6 liter. Dan satu hal lagi, ban BeAT adalah ban tipe tubeless, sedangkan Next II masih ban tabung alias tube type. Dan masih banyak lagi perbedaan yang membuat calon konsumen bisa menimbang-nimbang.

Tentu, ketika orang melihat plus minus ini akan melihat perbandingan harga. Sementara, hingga kini harga Nex II belum dirilis. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This