Mengenal Seberapa Canggih Teknologi Hybrid di Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross Hybrid -dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Ihwal keberadaan model Corolla dimulai oleh pabrikan Toyota sekitar 55 tahun silam. Saat itu, model yang ditawarkan hanya berwujud sedan empat pintu untuk mendukung perjalanan penggunannya.

Puluhan tahun setelah meluncur, siapa sangka kini Toyota Corolla menjadi mobil dengan status penjualan terlaris di dunia, mencapai 50 juta unit. Bahkan, lini modelnya bertambah dengan kehadiran Sport Utility Vehicle yang diberi nama Corolla Cross.

Pemakaian kata ‘Cross’ di belakang nama Corolla bukan sekadar penguat identitasnya sebagai pilihan baru di segmen SUV. Lebih dari itu, mobil ini dibuat lebih tangguh dengan kerangka TNGA C, namun tak meninggalkan kenyamanan khas sedan.

Di Indonesia, PT Toyota Astra Motor meluncurkan Corolla Cross pada 6 Agustus 2020. Menelisik laman resmi Toyota Astra, ada dua varian yang ditawarkan kepada konsumen Tanah Air, 1.8 A/T berbanderol Rp463,51 juta dan 1.8 Hybrid A/T yang dipasarkan Rp521,48 juta on the road Jakarta.

Tampilan belakang Toyota Corolla Cross hybrid – dok.Istimewa

Kehadiran Corolla Cross bukan sekadar menjadi pilihan baru untuk penggemar mobil SUV berpenampilan modis. Tetapi juga komitmen Toyota untuk mendukung ekosistem kendaraan ramah lingkungan dengan teknologi hybrid.

Bicara soal teknologi hybrid, Toyota menyematkan mesin kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang menghasilkan power maksimum 98 PS dan torsi 142 Newtonmeter. Jantung penggerak ini bekerjasama dengan  motor listrik bertenaga 72 PS dan torsi sebesar 162 Nm.

Dengan demikian, pengguna Corolla Cross bisa merasakan sensasi mengemudi kendaraan listrik tanpa khawatir harus mencari colokan untuk mengisi ulang baterai. Sebab, Toyota sudah menyematkan teknologi self-charging, untuk semua kendaraan hybrid-nya.

Kecanggihan lainnya adalah pemanfaatan energi gerak dari kendaraan, untuk mengisi ulang daya listrik baterai kendaraan hybrid termasuk di produk Corolla Cross. Sebagai ilustrasi, saat melintas di jalan menurun maupun ketika melakukan pengereman, maka energi tersebut akan dikonversi menjadi tenaga listrik.

Toyota Corolla Cross hybrid – dok.Istimewa

Penyematan teknologi canggih yang memiliki kemampuan mengonversi energi gerak menjadi listrik, memberikan dampak pada efisiensi bahan bakar. Sebab, pemakaian mesin bensinnya bisa diminimalkan, dan diganti dengan suplai tenaga dari motor listrik tersebut.

Selain di sektor penggerak, teknologi dan fitur canggih disematkan untuk memaksimalkan perlindungan pengemudi serta penumpang di kabin. Corolla Cross versi Indonesia diketahui punya beragam kemampuan untuk melakukannya dengan baik.

Pada mobil ini ada beragam fitur keselamatan, seperti rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm. (PDR)

CATEGORIES
TAGS
Share This